visitaaponce.com

Mengenal Sistem Proof-of-Stake, Masa Depan Blockchain yang Ramah Lingkungan

Mengenal Sistem Proof-of-Stake, Masa Depan Blockchain yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi(AFP/Ozan KOSE)

DI dunia cryptocurrency, sistem mekanisme konsensus seperti proof-of-work (PoW) dan proof-of-stake (PoS) adalah fundamental dalam memverifikasi transaksi. PoW, yang digunakan oleh Bitcoin, sangat aman tetapi membutuhkan banyak energi. Sebagai alternatif, PoS telah dikembangkan untuk mengurangi konsumsi energi dan lebih ramah lingkungan.

Dilansir dari Pintu Academy, Proof-of-stake adalah algoritma konsensus yang memungkinkan pengguna, atau validator, untuk memverifikasi transaksi berdasarkan jumlah token yang mereka pertaruhkan. Mekanisme ini tidak memerlukan perangkat keras komputasi intensif seperti PoW yang menjadikannya lebih efisien dari segi energi.

Dalam PoS, validator dipilih untuk membuat blok baru berdasarkan jumlah token yang mereka miliki dan durasi mereka mempertaruhkan token tersebut. Validator yang berhasil memverifikasi transaksi dan menandatangani blok mendapatkan imbalan berupa biaya transaksi.

Baca juga : Ini Panduan Analisis Fundamental dalam Cryptocurrency

Berikut ini adalah kelebihan PoS dibandingkan PoW

Efisiensi energi 

PoS menggunakan energi yang lebih sedikit karena tidak memerlukan penambangan yang intensif.

Biaya transaksi lebih rendah 

Baca juga : Volume Transaksi Naik 60%, Platform Investasi Reku Siapkan Inovasi Baru

Proses verifikasi yang lebih sederhana memungkinkan biaya transaksi yang lebih rendah.

Partisipasi pengguna 

Pengguna dengan jumlah token tertentu dapat menjadi validator, meningkatkan desentralisasi.

Baca juga : Ini Cara Hindari Investasi Bodong ala OJK

Beberapa koin yang menggunakan sistem PoS di antaranya, Solana (SOL) menggunakan PoS dengan algoritma proof-of-history untuk proses transaksi yang cepat dan murah. 

Kedua yakni Cardano (ADA) yang menggunakan sistem Ouroboros, varian PoS yang membagi waktu menjadi epoch untuk pemilihan validator. 

Terakhir adalah Fantom (FTM) yang memanfaatkan Lachesis, sebuah modifikasi PoS yang memungkinkan validasi transaksi tanpa konfirmasi dari validator lain, sangat cepat dan efisien.

Sistem proof-of-stake menawarkan alternatif yang lebih efisien dan ramah lingkungan untuk konsensus dalam blockchain. Dengan kapabilitas untuk mengurangi konsumsi energi dan mempercepat transaksi, PoS mungkin menjadi standar baru dalam teknologi blockchain. (RO/Z-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat