visitaaponce.com

Polbangtan Kementan Ajak Generasi Muda Songsong Indonesia Emas 2045

Polbangtan Kementan Ajak Generasi Muda Songsong Indonesia Emas 2045
Peringatan Dies Natalis ke-6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang(Dok)

PERINGATAN Dies Natalis ke-6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang berlangsung sangat meriah. Berlokasi di Kampus Pertanian Yogyakarta, rangkaian peringatan Dies Natalis resmi dibuka. Dengan berbagai acara yang dihadiri oleh berbagai pihak.

Dies Natalis merupakan suatu peringatan atas hari lahir yang dianggap sebagai peristiwa penting dalam awal perjalanan kehidupan. Polbangtan Yogyakarta Magelang sudah melalui perjalanan yang panjang dan mengalami perubahan selama 6 tahun perjalanan.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan Polbangtan memiliki peran penting untuk mencetak SDM Pertanian yang tangguh. Menurutnya, SDM ini yang akan memajukan pertanian tanah air.

Baca juga : Polbangtan dan PEPI Kementan Kembali Terima Mahasiswa Baru

Ucapan senada disampaikan Kepala Plt BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi yang menyebut bahwa masa depan pertanian Indonesia berada di pundak anak muda. 

"Lewat Polbangtan inilah kita gembleng anak-anak muda yang menjadi masa depan pertanian Indonesia. Hal ini penting karena SDM faktor utama dalam kemajuan pertanian," ujarnya.

Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Bambang Sudarmanto, dalam sambutannya menekankan bahwa di tengah kondisi pertanian yang sedang tidak baik-baik saja memerlukan SDM yang adaptif.

Baca juga : Mahasiswa Polbangtan Berpartisipasi pada Gerakan Aksi Gizi di Jambi

“Dengan perubahan iklim yang tidak menentu, elnino yang masih melanda namun kondisi sebaliknya di beberapa daerah mengalami kebanjiran menyebabkan produksi pertanian nasional menurun utamanya padi. Belum lagi wabah Lumpy Skin Disease (LSD) yang menyerang hewan ternak beberapa waktu lalu. Semua perlu disikapi dengan sifat adaptif dan agile untuk menghadapi tuntutan sosial dan inovasi ke depan,” tandasnya.

Aksi nyata, imbuh Bambang juga sangat diperlukan, salah satunya yaitu dengan berperan aktif menyukseskan berbagai program utama Kementerian Pertanian seperti Perluasan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi, dan pendampingan lapangan

“Polbangtan Yogyakarta Magelang turut aktif dalam program Antisipasi Darurat Pangan seperti optimalisasi lahan, pompanisasi sawah tadah hujan, dan pertambahan areal tanam padi di berbagai  daerah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan menerjunkan Sivitas Akademika baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa ke lokasi langsung,” terangnya.

Baca juga : Mahasiswa Polbangtan Perluas Wawasan dengan Kunjungi Balai Embrio Ternak

Bambang juga berpesan agar Mahasiswa senantiasa mengembang diri secara terus menerus namun tetap seimbang dalam kehidupan.

“Mengutip perkataan Jack Ma, ada pesan yang merik, Ia mengatakan bahwa saat usia 20-30 tahun adalah waktu kita harus mengamati cara bos dan lingkungan menyelesaikan pekerjaan," katanya.

"Kemudian pada usia 30-40 merupakan waktu yang tepat untuk memulai usaha secara mandiri karena kita masih punya tenaga untuk menghadapi kegagalan, memasuki usia 40-50 tahun maka lakukan keahlianmu bukan lagi saatnya coba-coba, mencapai usia 50-60 tahun habiskan untuk mendidik dan mengembangkan anak muda generasi selanjutnya," imbuhnya.

Baca juga : Polbangtan Malang Fasilitasi Milenial Berkarya dan Berwirausaha di Sektor Pertanian

Bambang mengaku salut dengan mahasiswa yang sudah bisa berusaha sekaligus menjalankan kuliah.Pada akhir sambutannya, Bambang menyematkan pesan penting terkait keterbukaan informasi dan layanan publik.

“Layanan yang transparan dan akuntabel harus kita senantiasa pertahankan dan tingkatkan, di tahun 2023 mendapat peringkat pertama dan terbaik KIP tingkat Eselon 2. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan," katanya. 

"Selain itu, saya menghimbau agar jangan ada korupsi dalam penyelenggaraan pendidikan di polbangtan yoma, kita betul-betul harus  menjaga komitmen. Jadikan momentum Dies Natalis yang ke 6 ini untuk berbuat lebih baik, menyongsong masa depan yang lebih cerah dan kegotongroyongan serta kebersahajaan,” kata Bambang lagi.

Bambang meyakini bahwa pada tahun-tahun selanjutnya Polbangtan Yogyakarta akan terus berkibar dan menorah prestasi-prestasi membanggakan, serta turut serta mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia dan Indonesia Emas 2045.

Rangkaian Dies Natalis ke 6 Polbangtan Yogyakarta Magelang kali ini direncanakan akan berlangsung 24 Juni hingga 11 Agustus 2024 dengan berbagai acara seperti pembagian bibit, bersih sungai, bakti sosial, donor darah dan aneka kompetisi yang dapat diikuti oleh masyarakat luas. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat