visitaaponce.com

UGM dan Kementan Pecahkan Rekor Muri Minum Susu dengan Peserta Terbanyak

UGM dan Kementan Pecahkan Rekor Muri Minum Susu dengan Peserta Terbanyak 
Upaya pemecahan rekor Muri minum susu dengan peserta terbanyak di UGM.(MI/HO)

MASIH dalam rangkaian memperingati Hari Susu Nusantara 1 Juni 2024 dan Lustrum XI Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan acara minum susu dengan peserta terbanyak yakni 11.150 mahasiswa di Balairung Universitas Gadjah Mada, Jumat (28/6).

Kegiatan tersebut sekaligus menggoreskan sejarah baru karena telah tercatat ke dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan pemecahan Rekor Muri itu adalah sebuah kebanggaan dalam rangka meningkatkan konsumsi protein hewani bagi generasi muda.

Baca juga : Kementan Gandeng UGM Bangkitkan Produk Alsintan Dalam Negeri

“Asupan protein, terutama protein hewani, merupakan harga mutlak untuk menjadikan Indonesia Emas pada 2045,” ujarnya ketika memberikan sambutan dalam acara yang bertajuk Pengarahan dan Penerjunan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Balairung Universitas Gadjah Mada.

Nasrullah juga menjelaskan bahwa rekor Muri itu memiliki arti yang lebih dari sekedar penghargaan saja.

“Pemecahan rekor Muri ini bukan hanya sebuah penghargaan atau sertifikat, hal ini adalah sebuah langkah awal untuk kita memasukkan program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih yaitu minum susu kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi anak sekolah” imbuhnya.

Baca juga : Tingkatkan Peranan Peternak Sapi Perah untuk Jaga Ketahanan Pangan

Turut hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimoeljono yang menegaskan bahwa mahasiswa nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di Era Indonesia Emas 2045 nanti.

"Puluhan tahun yang lalu, saya juga seperti Anda sebagai mahasiswa. Tapi, kini , saya menjadi salah satu pemimpin di Indonesia. Dua puluh tahun mendatang, Andalah yang harus menjadi pemimpin di Indonesia Emas" ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir bahwa sebagai pemimpin harus mengetahui aspirasi, keinginan, serta dekat dengan masyarakat.

Baca juga : Keamanan Pangan Berkorelasi Erat dengan Kesehatan Masyarakat

"Anda akan melakukan KKN dan ini akan menjadi ladang pembelajaran saudara sekaligus ladang pengabdian bagi saudara-saudara sekalian. Ilmu yang dapatkan di kelas, anda abdikan untuk kemajuan rakyat" tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Gadjah Mada Ova Emilia menjelaskan bahwa untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh tentunya memerlukan asupan makanan yang baik, yang salah satunya dapat diperoleh melalui konsumsi susu.

"Hari ini kita akan sama-sama bersemangat dan menggalakkan susu untuk kita konsumsi sebagai pola makanan yang seimbang" harapnya.

Baca juga : UGM Nyatakan tidak Naikkan UKT

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan KKN ini merupakan bentuk inklusifitas dari UGM untuk bangsa dan negara yang kita cintai, Indonesia.

Dengan adanya KKN ini, Ova berharap mahasiswa mampu menumbuhkan rasa empati, kepedulian kepada sesama, tanggung jawab, kemandirian, dan jiwa kepemimpinan.

"Melalui KKN-PPM, diharapkan terjadi sinergi antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat dalam upaya mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat" pungkasnya. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat