visitaaponce.com

Mengenal Qipao dan Tangzhuang, Busana Tradisional Tiongkok yang Mendunia

Mengenal Qipao dan Tangzhuang, Busana Tradisional Tiongkok yang Mendunia
Qipao (kiri) dan tangzhuang merupakan busana tradisional Tiongkok yang populer hingga kini.(Unsplash/ East Meets Dress)

TAHUN 1997, saat menjadi desainer kepala untuk Christian Dior, John Galliano membuat gaun qiapo atau cheongsam merah yang kini menjadi salah satu gaun vintage yang menjadi barang koleksi bernilai tinggi. Pada 2019, selebritas yang juga pengusaha, Kim Kardashian mengenakan gaun itu ke acara American Influencer Awards.

 

Itu hanya salah satu gambaran mendunianya busana tradisional Tiongkok. Selain qipao atau cheongsam, busana tradisional pria tangzhuang juga menjadi bagian fesyen dunia.

Baca juga : Desainer Laely Indah Kenalkan Fesyen Wastra Identitas Indonesia

 

"Qipao adalah pakaian biasa untuk wanita dan tangzhuang adalah pakaian untuk pria,” kata Kevin Liu, pengusaha fesyen asal Tiongkok di Amerika Serikat (AS), seperti dikutip dari situs berita kampus San Francisco State University, Golden Gate Xpress. Berikut ciri lebih detil dari qipao dan tangzhuang:

 

Baca juga : Batik Tulis Wolter Sukses Ciptakan Model Pakaian Batik Kekinian

1. Qipao

Saat ini Qipao dan cheongsam dianggap sama, yakni gaun panjang pas badan dengan leher tinggi atau leher shanghai. Gaun ini juga dapat memiliki belahan.

Namun ada pula sumber yang menyebut jika sebenarnya cheongsam merupakan sebutan bahasa Kanton yang muncul sejak 1900 untuk baju panjang longgar bagi pria. Sementara qipao diyakini terinspirasi dari jubah yang dikenakan pria dan wanita dari suku Han di awal Dinasti Qing. Kini modifikasi qipao begitu beragam, bahkan terkadang hanya bentuk kerah saja yang masih identik dengan busana aslinya.

Baca juga : House of Liza Hadirkan Wajah Baru Menuju Masa Depan yang Lebih Cerah

Di Indonesia, salah satu label papan atas yang konsisten mengeluarkan koleksi berunsur qipao menjelang Imlek adalah Sebastian Gunawan Signature. Pada koleksi tahun ini, desainer Sebastian Gunawan dan sang istri, Cristina Panarese, mengeluarkan koleksi cheongsam yang sangat beragam, bahkan ada pula yang memadukan dengan siluet kebaya janggan.

 

2. Tangzhuang

Baca juga : Warna Pakaian Ini Cocok untuk Pria yang Berkulit Gelap

Tangzhuang adalah pakaian tradisional Tiongkok yang dikenakan oleh pria.  Ini lebih sederhana dari qipao, terdiri dari atasan seperti jas dengan kerah lurus.  Pakaian formal ini juga dibuat dalam berbagai pola dan warna.  Atasan ini dikenakan dengan kancing ala China yang dijahit di bagian depan, sehingga tetap tertutup rapi.

 

Motif-motif pada busana Tahun Baru Imlek juga menarik, diantaranya ada motif burung merak (burung Hong) atau bunga yang biasanya untuk busana wanita dan motif naga untuk busana pria. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat