visitaaponce.com

Daniel Radcliffe Mengaku Kecewa dengan Sikap JK Rowling Terkait Transgender

Daniel Radcliffe Mengaku Kecewa dengan Sikap JK Rowling Terkait Transgender
Aktor Daniel Radcliffe(AFP/ANGELA WEISS)

AKTOR Daniel Radcliffe mengaku dirinya kecewa dengan sikap penulis JK Rowling terkait hak transgender dan mengatakan dia telah lama tidak berkomunikasi dengan penulis serial Harry Potter itu.

Radcliffe, yang berperan sebagai Harry Potter di serangkaian film adaptasi buku karangan Rowling itu, berselisih dengan sang penulis terkait isu identitas gender.

Rowling dituding transfobia karena sikapnya mementingkan jenis kelamin biologis untuk menentukan identitas gender. Adapun Radcliffe sejak lama mendukung kelompok LGBTQ serta membela hak perempuan transgender.

Baca juga : JK Rowling Sambut Positif Lelang Buku Pertama dan Pembuatan Serial Harry Potter

"Hal ini membuat saya sedih dan kecewa," ujar Radcliffe dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pekan ini.

AFP/Tolga Akmen--Penulis serial Harry Potter, JK Rowling

"Karena saya melihat orang yang saya temui, waktu kami bertemu, dan buku yang dia tulis. Dunia yang saya ciptakan, menurut saya sangat penuh empati," lanjutnya.

Baca juga : Daniel Radcliffe Produseri Film Dokumenter Sang Stuntman Harry Potter, David Holmes 

Isu identitas gender telah menjadi perdebatan politik di berbagai negara, termasuk Skotlandia, negara asal Rowling, dan di Amerika Serikat (AS), tempat Radcliffe saat ini tampil di drama Broadway.

Rowling, selama ini, bersuara keras bahwa hak transgender merupakan ancaman bagi perempuan. Dia menggarisbawahi bahwa diizinkannya perempuan transgender masuk ke ruang ganti, toilet, dan penjara perempuan bisa berbahaya.

Pada 2020, Radcliffe, yang sejak lama mendukung Trevor Project, hotline pencegahan bunuh diri remaha LGBTQ, menanggapi pernyataan Rowling dengan menegaskan bahwa perempuan transgender adalah perempuan. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat