visitaaponce.com

Obat Murah Hepatitis Diupayakan Masuk Jaminan BPJS Kesehatan

Obat Murah Hepatitis Diupayakan Masuk Jaminan BPJS Kesehatan
Obat murah untuk pasien Hepatitis diharapkan dapat dengan pelayanan BPJS Kesehatan.(Antara/Septianda Perdana)

Penyakit hepatitis B dan C bisa berkembang menjadi sirosis (ematian jaringan) hati dan kanker hati. Karena itu, penderitanya harus mendapat pengobatan yang tepat.

Dokter konsultan gastroenterohepatologi dr Rino A Ghani SpPD-KGEH menjelaskan, untuk langkah pengobatan, ada perbedaan antara hepatitis B dan C. Ketika seseorang terdeteksi terinfeksi virus hepatitis C, dokter akan memberikan obat. Adapun untuk hepatitis B, dokter akan mempertimbangkan apakah pasien perlu diberi obat atau tidak.

“Pasien hepatitis C diberi obat karena memang sudah ada obat yang bisa membasmi virus hepatitis C dari tubuh. Tetapi untuk hepatitis B, sampai saat ini belum ada obat yang bisa menghilangkan virus dari hati. Jadi, pengobatan hepatitis B dilakukan jika pasien sudah mengalami peradangan hati,” terang Rino pada edukasi kesehatan terkait Hari Hepatitis Sedunia yang digelar PT Kalbe Farma Tbk bersama Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia di Jakarta, Minggu (28/7).

Pengobatan hepatitis B bertujuan menekan replikasi (perkembangbiakan) virus hepatitis B. Dengan langkah itu, peradangan di hati bisa dihentikan dan diperbaiki. Komplikasi berbahaya seperti sirosis dan kanker hati pun bisa dicegah. “Pengobatan hepatitis B bersifat jangka panjang, bisa seumur hidup,” kata dokter dari FKUI-RSCM itu.

Terkait dengan pengobatan jangka panjang itu, Marketing Director PT Kalbe Farma Tbk, Ridwan Ong, menjelaskan Kalbe berupaya membantu pasien hepatitis melalui penyediaan obat dengan harga terjangkau. Obat dengan nama generik entecavir itu yang diproduksi dalam negeri. Harganya  40 persen lebih murah dari originatornya (obat paten sejenis yang ditiru).

“Obat ini sudah masuk daftar Formularium Nasional, tapi belum masuk jaminan BPJS Kesehatan. Kami sedang mengupayakan ke arah sana agar lebih banyak pasien hepatitis B yang bisa terbantu,” ucap Ridwan.

Ia menambahkan, Kalbe berkomitmen meningkatkan kesehatan seluruh masyarakat termasuk dalam upaya pencegahan dan penanganan hepatitis. Pada peringatan Hari Hepatitis Sedunia itu Kalbe juga membagikan materi edukasi tentang penyakit hepatitis kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di area car free day di Jl Thamrin, Jakarta. (OL-09)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat