visitaaponce.com

Dewan Pers Harap Media Jadi Penengah di Pandemi Covid-19

Dewan Pers Harap Media Jadi Penengah di Pandemi Covid-19
Ketua Dewan Pers M. Nuh(MI/SUSANTO)

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, mengatakan pers memiliki kebebasan pers namun harus mampu menciptakan atmosfer agar seluruh rakyak Indonesia bisa berada pada peradaban unggul. Caranya, dengan meletakan nilai-nilai kemanusiaan sebagai tujuan utama.

"Salah satu ciri dari keberadaaban adalah meletakan nilai-nilai kemanusiaan dalam mencari solusi yakni dengan intellectual discourse bukan physical discourse," kata Muhammad Nuh dalam webinar bertajuk Pandemi Covid-19 dan Kebebasan Pers, Jumat (11/12).

Baca juga: Kominfo Apresiasi Akselerasi Digital di Sektor Pendidikan

Hal ini berlaku juga pada pemberitaan untuk covid-19 yang mana menurutnya pers diharapkan mampu memilah sesuai domainnya untuk disajikan ke publik agar publik pun mendapatkan informasi yang kredibel, tidak ada misinformasi, disinformasi, atau malainformasi dengan genuine insting, berpikir logis dan kritis dan ketajaman analisis pers.

Ia pun tak memungkiri adanya perbedaan pemberitaan di publik sehingga membuat masyarakat kebingungan. Saat ini,lanjutnya terdapat  ada tiga kelompok media dalam menyikapi terjadinya perbedaan pemberitaan di ranah publik yakni hands off atau tidak peduli, compilator atau hanya menampng pendata beberapa pihak tanpa penentuan arah dan juga sebagai pencerah yakni melalui analisis data dan fakta.

"Diharapkan media menjadi pencerah dengan analisis data dan faktanya. Jangan disajikan kepada publik yang gaduh," katanya.

Muhammad Nuh menyatakan Dewan Pers terus memperjuangkan Kebebasan Pers disertai upaya peningkatan kompetensi seperti perilaku, kemampuan dan ilmu pengetahuan, mendorong juga perlindungan dan kesejahteraan para wartawan serta membangun ekosisttem industri bisnis pers yang mampu bertahan dan tumbuh secara berkelanjutan.

Ia mengatakan kebebasan pers bukan suatu pemberian tetapi harus diperjuangkan dan ditingkatkan kualitasnya dan dapat dipertanggungjawabkan agar memiliki makna bagi tujuan berbangsa bernegara. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat