visitaaponce.com

Perguruan Tinggi Didorong Terapkan Penggunaan Teknologi Geospasial

Perguruan Tinggi Didorong Terapkan Penggunaan Teknologi Geospasial
Memenangkan GIS Award dari Esri Indonesia membuktikan pencapaian dan dedikasi terhadap teknologi geospasial. (Dok. Pribadi)

ESRI Indonesia mengumumkan para pemenang penghargaan sistem informasi geografis (GIS Award). Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi terhadap perguruan tinggi yang berperan dalam percepatan transformasi digital dan teknologi geospasial. 

"Penghargaan ini merupakan apresiasi tinggi kami kepada para pendidik, siswa, dan komunitas yang telah menerapkan solusi geospasial untuk mengajar, melakukan penelitian dan tentunya pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata CEO Esri Indonesia Achmad Istamar dalam keterangan, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Kemenkeu Klaim Realisasi PEN Capai 69,6%

Achmad menambahkan, bermitra dengan berbagai universitas di Indonesia adalah salah satu prioritas utama untuk mendukung berbagai penelitian berbasiskan inovasi di seluruh negeri. Sejak 2014 Esri Indonesia telah bekerja sama dengan lebih dari 39 universitas dan 7.984 lisensi telah digunakan. 

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan universitas terkemuka dan para pakar yang telah berkontribusi pada kemajuan teknologi geospasial," imbuhnya. 

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Mochamad Ashari mengatakan, GIS memungkinkan pihaknya mengetahui masalah terkini yang dihadapi dunia. Menurut dia, informasi geografis juga membuat pihak kampus dapat membuat keputusan yang bijaksana. 
 
"Ini juga memungkinkan para siswa kami untuk berfikiran lebih kritis dan terus mengasah keterampilan analisis spasial yang dibutuhkan dalam angkatan kerja saat ini," terang Ashari. 

Sementara itu, Rektor Universitas Indo Global Mandiri Marzuki Alie mengatakan, memenangkan GIS Award dari Esri Indonesia membuktikan pencapaian dan dedikasi terhadap teknologi geospasial. 

Bersama Esri Indonesia, kami dapat membekali siswa kami dengan keterampilan yang dibutuhkan dan membantu mereka meraih kesuksesan di era digital yang semakin maju. 

Baca juga: Gibran Terseret Kasus Bansos, Relawan: Fitnah Pengusaha Hitam

"Program pendidikan ini telah menyatukan pengalaman industri dunia nyata dalam perangkat lunak GIS dengan latihan praktik terbaik," tutur Marzuki. 

Di era pandemi covid-19, Esri Indonesia bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi mengintegrasikan berbagai informasi geospasial dan memvisualisasikannya pada dashboard pemetaan dinamis. (RO/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat