visitaaponce.com

Sandiaga Ingatkan Pembenahan Hotel di Sekitar Danau Toba

Sandiaga Ingatkan Pembenahan Hotel di Sekitar Danau Toba
Danau toba(MI/Sumaryanrto)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penataan komprehensif destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara, seperti pembenahan hotel-hotel di kawasan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat melaksanakan rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi terkait penataan kawasan dan bangunan di sekitar Danau Toba, Selasa (16/2).

"Banyak hotel-hotel di Danau Toba sudah tidak layak. Ini perlu di upgrade (benahi), sehingga jumlah wisatawan yang meningkat dan tidak kecewa hanya datang sekali tapi bisa berkali-kali," jelas Sandiaga dalam keterangannya, (16/2).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menginginkan pembenahan di kawasan Danau Toba seperti di Swiss. Di mana, kata Sandiaga, bukan hanya dari segi infrastruktur dibenahi, tapi juga menyediakan festival kesenian dan budaya.

"Kami menyampaikan beberapa data hotel di Danau Toba yang perlu dibuat penataan lebih komprehensif mengacu pada penataan yang sukses seperti Lake Geneva ada Veve di Swiss," ungkapnya.

Baca juga : Labuan Bajo dapat Jadi Contoh Penerapan CHSE di Masa Pandemi

Kemudian hotel-hotel di sekitar Danau Toba juga, diminta Sandiaga harus memiliki pengolahan limbah yang terpadu agar tidak mencemari sekitar kawasan tersebut. 

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan pembangunan cable car atau kereta gantung antara desa Tomok dan Silahosa sepanjang 1-2 kilometer. 

Menparekraf mengatakan, rencana ini bisa dilakukan melalui kerja sama dengan perusahaan asal Eropa Utara, Doppelmayr yang disebut bisa menghadirkan solusi dengan pendekatan Publik Private Partnership (PPP).

"Kita juga akan mengembangkan spot-spot Instagramable dan cocok untuk TikTok konten di Danau Toba," pungkas Sandiaga. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat