visitaaponce.com

Imbas Super Blood Moon, Bisa Terjadi Banjir Rob di Jakarta

Imbas Super Blood Moon, Bisa Terjadi Banjir Rob di Jakarta
Puncak gerhana bulan di wilayah Provinsi Jambi terjadi pada Rabu pukul 18.18.43 WIB.(Antara/HO/Ist)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan fenomena Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon) akan mulai terlihat di Jakarta. Fenomena ini akan mulai muncul hari ini, Rabu (26/5) pukul 18.09 WIB.

BMKG juga memprediksi adanya Super Blood Moon ini berdampak terhadap lingkungan. Seperti adanya air pasang di sejumlah wilayah di Indonesia. Serta banjir rob di wilayah tertentu.

Baca juga: Perjuangan Palestina Merupakan Perjuangan Nasionalisme Rakyat

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menjelaskan sudah mengantisipasi hal ini. Pasalnya, wilayah utara DKI Jakarta memang sudah menjadi langganan terkena air pasang jika terdapat bulan purnama.

“Memang sudah menjadi rutin ya ketika bulan purnama terjadi air pasang di wilayah utara,” kata Ariza, sapaan karibnya, Rabu (26/5).

Untuk mengurangi potensi banjir rob tersebut, pihaknya sudah menyiapkan tanggul-tanggul dan pompa. Menurutnya, masyarakat di wilayah utara Jakarta sudah sangat memahami dampak dari fenome gerhana bulan total ini.

Sehingga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Serta melibatkan para relawan untuk bersama-sama menyiapkan antisipasi banjir rob.

“Beberapa tempat terjadi peningkatan (air) untuk itu sudah disipakan tanggul-tanggul dan pompa-pompa untuk mengurangi dan menghilangkan banjir rob,” tutupnya. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat