visitaaponce.com

Pemerintah Menerima Bantuan 7 Iso Tank dan 1.000 Tabung Oksigen

Pemerintah Menerima Bantuan 7 Iso Tank dan 1.000 Tabung Oksigen
Penyerahan 7 iso tank dan 1000 tabung oksigen kepada pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman dan Investasi untuk pasien Covid-19.(Ist)

Dalam beberapa pekan terakhir, kasus Covid-19 mengalami lonjakan. Dengan semain bertambahnya pasien Covid-19, rumah sakit dan fasilitas kesehatan tak mampu menampung pasien untuk dirawat. Sebagian pasien Covid-19 yang tanpa gejala dan gejala ringan diminta melakukan isolasi mandiri (isoman).

Penambahan jumlah warga yang terpapar Covid-19 yang besar kebutuhan oksigen pun meningkat. Bahkan sebelumnya, rumah sakit dan fasilitas kesehatan mengalami kekurangan tabung oksigen.  

Kini sejumlah perusahaan swasta mulai mengulurkan bantuan kepada pemerintah yang tengah berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Di tengah masih kurangan pasokan tabung oksigen, pihak swasta telah mengirim tabung oksigen dalam membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19. 

Perusahaan pengelola Kawasan Industri Morosi, PT Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP) yang terletak di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, mendonasikan 7 iso tank dan 1000 tabung oksigen kepada pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen nasional bagi pasien Covid-19 di Indonesia.

Bantuan tersebut merupakan sumbangsih dari seluruh tenant yang berada di Kawasan Industri Morosi.

Juru Bicara VDNIP, Dyah Fadhilat menyampaikan, koordinasi bantuan dilakukan dalam waktu yang sangat singkat agar bisa segera disalurkan untuk membantu pasokan oksigen bagi rumah sakit di Indonesia yang sedang sangat membutuhkan.

“Menindaklanjuti semakin meluasnya penyebaran Covid-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali, maka VDNIP berkomitmen penuh untuk turut menjaga dan melindungi masyarakat serta sebagai bentuk rasa kepedulian atas pandemik yang terjadi,” ujar Dyah dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Sebanyak 7 iso tank dan 1000 tabung oksigen tersebut dikirim melalui jalur laut dari Kendari pada Minggu (11/7/2021) dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Minggu (18/7/2021).

Selanjutnya, langsung dilaksanakan serah terima bantuan secara simbolis oleh Perwakilan PT VDNIP, Wisma Bharuna kepada Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Sumarjaya.

Tabung oksigen yang disumbangkan merupakan tabung milik tenant yang selama ini digunakan untuk keperluan produksi perusahaan. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah yang tengah memaksimalkan kapasitas produksi oksigen nasional agar bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan medis.

“Saya berharap agar pihak swasta, masyarakat dan pemerintah bisa gotong royong untuk mengatasi pandemi bersama-sama. Semoga iso tank dan tabung oksigen ini dapat bermanfaat secara maksimal, dan pandemi ini bisa segera kita lewati bersama-sama,” ujar Dyah.

Sementara Sumarjaya menyebutkan bahwa setibanya di Jakarta, oksigen tersebut akan segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit yang sangat membutuhkan seperti Jawa Tengah, DIY, termasuk juga kemungkinan dikirim ke Jawa Timur.

“Kami bersyukur mendapatkan donasi dari VDNIP berupa 7 iso tank dan 1000 tabung oksigen yang memang sangat kita butuhkan. Kita lihat skala prioritas, mana yang butuh segera. Kami punya petanya, beberapa rumah sakit atau daerah mana yang dalam waktu 12 jam, 24 jam kekurangan oksigen,” kata Sumarjaya.

Sementara itu, Direktur VDNIP, Tony Zhou Yuan menambahkan, perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen di Indonesia hingga pandemi Covid-19 ini menurun.

“Kami sadar bahwa dibutuhkan kerja sama seluruh lapisan untuk menurunkan angka statistik penyebaran Covid-19. Dan kami siap membantu untuk bekerja sama memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Tony. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat