visitaaponce.com

Peluncuran Starlink, Elon Musk Disambut Luhut di Bali

Peluncuran Starlink, Elon Musk Disambut Luhut di Bali
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menerima kedatangan Chief Executive Officer (CEO) SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk, di Bali.(Kemenko Marves)

MENTERI Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan Chief Executive Officer (CEO) SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (19/5).

Luhut menuturkan kedatangan Elon untuk memenuhi undangan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, sekaligus meresmikan peluncuran Starlink di Tanah Air. Starlink merupakan proyek SpaceX untuk menyediakan akses internet global melalui jaringan satelit.

"Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini. Kami akan membicarakan beberapa agenda selama di sini dan tentunya peresmian layanan internet Starlink," kata Luhut dikutip dari akun resminya @luhut.pandjaitan.

Baca juga : WWF ke-10, Elon Musk akan Hadir Tanpa Pengamanan Khusus di Bali

Menko Marves menjelaskan peresmian peluncuran layanan internet Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden Joko Widodo, hari ini, di salah satu puskesmas di wilayah Denpasar.

Luhut kemudian berpandangan melalui ketersediaan akses internet yang terjangkau di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus ditingkatkan.

"Yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan," harapnya.

Sebagai informasi, Starlink menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil. Hadirnya internet ini khususnya untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan akses layanan internet.

Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai dish untuk dapat terhubung ke jaringan satelit, dengan begitu masyarakat Indonesia dapat menikmati koneksi internet. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat