visitaaponce.com

Hati-Hati, Pemasangan Implan Gigi Perlu Sertifikasi Khusus

Hati-Hati, Pemasangan Implan Gigi Perlu Sertifikasi Khusus
Implan gigi.(Klikdokter)

IMPLAN gigi adalah prosedur penanaman akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada rahang untuk menopang mahkota gigi buatan. Perlu keahlian dan sertifikasi khusus untuk melakukan pekerjaan ini.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta, Prof drg Burhanuddin Daeng Pasiga menjelaskan, implan gigi pada dasarnya merupakan “akar gigi” yang ditanam, seperti tiang atau tonggak yang ditanam di dalam rahang dan di atasnya diberi gigi palsu.

"Dalam beberapa bulan, jaringan tulang di dalam rahang akan tumbuh sehingga bisa menyatu dengan sempurna," terangnya kepada Media Indonesia, Kamis (30/9).

Ia mengatakan, penggunaan implan gigi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ada pasien yang ingin memiliki gigi palsu secara penuh, ada yang tidak. Pada pasien yang menginginkan gigi palsu penuh, ada yang sudah terlalu lama tidak diberikan gigi palsu. Hal ini bisa membuat gigi palsu yang akan diberikan menjadi longgar.

Oleh karena itu, kata Burhanuddin, pasien bisa menggunakan gigi implan dengan menggunakan logam yang cocok dengan jaringan di dalam rahangnya.  “Pemasangan implan bisa dilakukan oleh ahli bedah mulut, spesialis periodonsia, dan spesialis prostodonsia,” jelasnya.

Ia mengingatkan, pemasangan gigi implan yang salah berisiko mengorbankan keselamatan dan kesehatan gigi pasien. Masyarakat untuk membuat gigi palsu dan gigi implan diminta untuk berkonsultasi kepada orang-orang yang berkompetensi secara legal.

"Indikasi pemasangan implan dilihat dari banyak aspek, salah satunya tulang. Kalau tulangnya tidak kokoh, rahang pasien bahkan bisa patah. Prinsip-prinsip anatomi perlu diketahui. Salah pengukuran saja bisa berdampak pada persendiannya,” cetusnya.

Atas dasar itulah, Burhanuddin menekankan sertifikasi kompetensi dokter gigi menjadi penting untuk dapat melakukan prosedur gigi implan secara aman. Apalagi, menurutnya, sekarang ini harga implan relatif lebih murah daripada sebelumnya.

"Biaya pemasangan implan gigi cukup relatif. Variasi antara satu dokter dengan yang lainnya bisa berbeda. Harga juga bisa tergantung dari berapa tonggak yang akan ditanam," katanya.

 Ia pun menyebutkan jika Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) menjadi institusi yang pertama di Indonesia yang mengeluarkan sertifikat Kegiatan Ilmiah Terstruktur (KIT) yang diakui untuk pemasangan implan gigi ini.

Berlaku 5 tahun
Pada Sabtu, 25 September 2021 lalu, Pendidikan Berkelanjutan Ilmu Kedokteran Gigi (PBIKG) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) baru saja menyerahkan sertifikat untuk peserta Program Pelatihan Profesionalisme Dental Implan Terstruktur (PPDIT).

Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Prof Rudy Harjanto menyampaikan, melalui program ini, para dokter mempunyai keterampilan tambahan dalam hal pemasangan gigi tiruan implan dan juga sertifikat yang berlaku selama lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi tiruan implan di masyarakat luas yang sah, dan tertera namanya di  situs web resmi Ikatan peminatan implan Indonesia (ISID).

“Peluang ini tentu tidak hanya terbuka bagi alumni, melainkan juga alumni dari FKG lainnya di Indonesia,” ujarnya dalam pernyataannya.

Pada 6 Maret lalu, PIKG FKG Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) baru saja menyelenggarakan ujian berskala nasional bagi dokter gigi alumni implant course yang sebelumnya lolos seleksi oleh IPKGII.

Lisensi diberikan berdasarkan pemenuhan standar yang telah ditetapkan untuk aspek kecukupan sumber daya manusia yang dipersyaratkan, srana prasarana, sistem perekrutan, sampai kelulusan dan sertifikasinya.

Ketua PB PDGI RM Sri Hananto Seno menyatakan, pihaknya bekerja sama mendukung program ini dalam rangka menjaga kualitas lulusannya. Dengan menetapkan standar pelaksanaan uji teori (CBT) dan uji praktik (OSCE) dengan skala Nasional, harapannya dapat dihasilkan lulusan atau dokter gigi berkualitas dan dapat memberikan pelayanan terbaik dalam bidang gigi tiruan implan kepada masyarakat luas. (*/H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat