visitaaponce.com

Ini Keutamaan Doa Setelah Wudhu

Ini Keutamaan Doa Setelah Wudhu 
Seorang muslim berwudhu untuk melaksanakan Salat Dhuhur di Masjid Istiqlal Jakarta.(ANTARA/Fouri Gesang Sholeh)

SALAH satu keutamaan berwudhu yang diakhir dengan membaca doa adalah terbukanya delapan pintu surga bagi siapa saja yang membacanya. Artinya, ia bisa masuk ke surga dari pintu manapun yang diinginkan.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi disebutkan jika seorang muslim menyempurnakan wudhunya dengan membaca doa setelah wudhu, delapan pintu surga dibukakan untuknya. 

"Barangsiapa berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Perguruan Tinggi NU Harus Kembangkan Kapasitas Rohani Mahasiswa

Doa setelah wudhu adalah: “asyhadu alla ilaaha illallah, wahdahuu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhuu wa rasuuluhu allahummaj’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahhiriina waj’alnii min ibaa dikash shalihiina” 

Artinya: aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan-Nya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat