visitaaponce.com

UI Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 Capai Hampir 9 Ribu Kursi

UI Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 Capai Hampir 9 Ribu Kursi
PENERIMAAN MAHASISWA BARU: Universitas Indonesia pada 2022 menerima mahasiswa di berbagai bidang studi baru sekitar 9 ribu orang(Medcom.id)

UNIVERSITAS Indonesia (UI) membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 hingga hampir 9 ribu mahasiswa untuk program studi S1 dan vokasi. Jumlah tersebut tidak beda jauh dari daya tampung pada tahun 2021 yakni sebanyak 8.942 mahasiswa.

Kesempatan S1 bisa diperoleh oleh pelajar melalui melalui 3 cara yakni Simak UI/mandiri dengan kuota penerimaan 50%, SBMPTN 30%, dan SNMPTN 20%. Sedangkan penerimaan S1 paralel melalui Simak UI 50% atau Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) 50%.

Koordinator Penerimaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Mikael Januardi Ginting mengatakan untuk S1 Kelas Internasional (KKI) melalui Simak UI 60% dan PPKB 40%. Kemudian D3/D4 Vokasi 70% dari PPKB dan 30% dari Simak UI.

"Kemungkinan besar di tahun ini akan ada penambahan walaupun nggak signifikan paling tidak kesempatan untuk kuliah di UI sangat besar karena hampir 9 ribu yang diterima untuk setiap tahun," kata Mikael dalam Sosialisasi SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022, Kamis (6/1).

Simak UI sendiri pada 2022 digelar per program studi. Untuk program S1 paralel, D3/D4, dan Talent Scouting KKI pendaftaran pada 7 Februari sampai 8 Maret, sementara pengumuman pada 1 April. Seleksi jalur prestasi S1 Reguler pendaftaran dibuka pada April dan pengumumannya pada Juni.

Sementara untuk Simak UI dan Simak KKI pendaftaran dibuka pada Mei-Juni, ujian seleksi pada Juni, dan pengumuman pada Juli. Mikael memaparkan terdapat beberapa program studi yang memiliki ketetatan pada program S1 di UI yakni Ilmu Komunikasi, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Ilmu Hubungan Internasional, Sastra Inggris, Psikologi, Kriminologi, dan Pendidikan Dokter dengan rata-rata peluang 1,8%. Ini berlaku di SNMPTN, SBMPTN, dan Simak UI.

"Untuk siswa harus mengatur strategi sesuai dengan minatnya harus dipersiapkan dari sekarang dan selama 3 bulan untuk mengejar program studi. Siswa juga perlu memperhatikan daya tampung yang dibuka," pungkasnya.(H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat