visitaaponce.com

Puasa Qadha Gantikan Halangan Berpuasa, Begini Bacaan Niatnya

Puasa Qadha Gantikan Halangan Berpuasa, Begini Bacaan Niatnya 
Ilustrasi puasa(Freeik)

PUASA qadha adalah salah satu cara dalam memberikan keringanan bagi para kaum muslimin dan muslimah. Sebab, pada bulan Ramadan ada beberapa orang yang tak bisa berpuasa satu bulan penuh. 

Sementara puasa Ramadan merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi seluruh kaum muslim yang memenuhi syarat, namun seseorang dengan keadaan tertentu bisa meninggalkannya. Akan tetapi perlu menjadi catatan, orang yang tak berpuasa di bulan Ramadan wajib menggantinya di hari lain setelah Ramadan. 

Utang puasa harus dibayar sesuai dengan yang ditinggalkan. Puasa ini kerap disebut dengan puasa qadha dan bisa dilakukan dengan membaca niatnya terlebih dahulu. Berikut adalah niat puasa qadha Ramadhan lengkap dengan tata pelaksanaannya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. 

-Ketentuan Bayar Puasa- 

Sebelum mengetahui niat dari qadha puasa ramadan, hal pertama yang harus dipahami bahwa puasa qadha wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan ketika bulan suci. Ketentuan membayar utang puasa Ramadan ini dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184. 

Baca juga : BAZNAS Minta DPR Bikin Aturan Wajib Berzakat Bagi ASN

-Niat Qadha Puasa- 

Setelah mengetahui ketentuan puasa qadha Ramadan, kini Anda bisa mempelajara niatnya. Bagi mereka yang mengqadha puasa Ramadan juga wajib memasan niat puasa qadhanya di malam hari. 

Berikut adalah lafal niat membayar utang puasa Ramadhan yakni: 

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadh?’I fardhi syahri Ramadh?na lillâhi ta‘âlâ. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat