visitaaponce.com

Kemenag Ramadan Momen Tepat Mempercepat Vaksinasi

Kemenag: Ramadan Momen Tepat Mempercepat Vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi(Antara)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) mengatakan bulan Ramadan menjadi ajang mempercepat laju vaksinasi covid-19. Supaya masyarakat aman dari penularan covid-19 saat Lebaran dan mudik.

“Kalau di bulan Ramadan ada percepatan vaksinasi terutama booster, saya kira itu sangat tepat dilakukan,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Adib dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4).

Adib menegaskan vaksinasi covid-19 tidak membatalkan puasa. Hal itu tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa.

“Karena itu, masyarakat yang akan melaksanakan mudik, dianjurkan untuk melakukan vaksinasi lanjutan atau booster,” papar dia.

Adib menyebut pemerintah bakal memperluas sentra vaksinasi untuk memudahkan masyarakat. Termasuk, di tempat-tempat ibadah seperti usai salat tarawih. “Atau (vaksinasi) di siang hari juga tidak masalah,” imbuh dia.

Selain itu, Adib mendorong masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Caranya dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

“Jika abai protokol kesehatan, bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tandasnya. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat