visitaaponce.com

Wapres Mudik Lebih Awal Cegah Potensi Kemacetan

Wapres: Mudik Lebih Awal Cegah Potensi Kemacetan
Jalur di Lembang, Jabar(Antara)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghimbau pemudik agar memajukan jadwal keberangkatan. Hal ini untuk mencegah terjadinya potensi penumpakan pemudik pada 28 hingga 30 April 2022.

"(Kalau) berbarengan sehingga nanti bertumpuk nanti di jalan nanti bisa dua hari, tiga hari sampai ke daerah di Jawa Tengah," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (26/4)

Ma'ruf memprediksi sebanyak 70-80 juta masyarakat akan pulang kampung. Oleh karenanya keberangkatan yang lebih awal juga dapat diterapkan saat hendak pulang ke daerah perantauan.

"Pulang diharapkan seperti itu (berangsur-angsur) sehingga pulangnya lancar," terangnya.

Lebih lanjut, Ma'ruf menekankan agar pemudik dapat menjaga protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Pastikan tidak menjadi pembawa virus covid-19 kepada sanak saudara.

"Jangan membawa covid dari Jakarta ke daerah, atau dari pusat-pusat ke daerah. Dan sebaliknya jangan bawa dari daerah ke pusat. Nah ini yang harus dijaga," pintanya.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak berangkat ke kampung halaman pada puncak arus mudik. Yaitu, pada 28, 29 dan 30 April 2022. Sebagian masyarakat diharapkan memulai perjalanan lebih awal sebelum tanggal tersebut.

"Saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, tentu saja menyesuaikan jadwal libur di tempat bekerja," ujar Jokowi. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat