visitaaponce.com

Wujudkan Zero Victim, BMKG Cek Instrumen Peringatan Dini

Wujudkan Zero Victim, BMKG Cek Instrumen Peringatan Dini
Ilustrasi awan gelap menyelimuti langit di wilayah laut.(Antara)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan road show di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Tujuannya, mengecek kesiapan instrumen peringatan dini gempa bumi dan tsunami di wilayah selatan Pulau Jawa tersebut. Terdapat lima titik shelter alat yang dilakukan pengecekan.

Rinciannya, Shelter Seismograf Kawasan Candi Abang Sleman, Shelter Wanagama UGM, Shelter Seismograf Gedangsari, Shelter SBJM Sanden Bantul dan Shelter MKJM Manisrenggo Klaten Jawa Tengah.

"Peninjauan dan pengecekan ini rutin dilakukan sebagai langkah preventif maintenance sistem informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Kamis (11/5).

Baca juga: BMKG Identifikasi Peningkatan Curah Hujan Saat Arus Mudik

Dwikorita menyebut wilayah pesisir selatan Jawa merupakan wilayah rawan bencana gempa dan tsunami. Dalam hal ini, akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

Menurutnya, pengecekan seluruh alat dan instrumen peringatan dini menjadi kewajiban yang harus dilakukan, karena menyangkut keselamatan rakyat.

"Ini bagian dari ikhtiar dan komitmen BMKG dalam mewujudkan zero victim. Kami berupaya menyajikan informasi yang bukan sekedar cepat, tapi juga tepat dan akurat," pungkasnya.

Baca juga: BRIN Rancang 9 Penelitian untuk Penyakit Hepatitis Akut Misterius

BMKG juga menerapkan budaya kerja yang siaga, antisipatif, responsif dan adaptif. Mengingat, bencana alam adalah musibah yang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja.

"Kami terus berpacu dengan waktu untuk menekan seminimal mungkin risiko dan kerugian yang mungkin terjadi," tutur Dwikorita.

Harapannya, seluruh masyarakat Indonesia senantiasa siaga dan tidak gagap dalam menghadapi bencana berikut dampaknya. Secara sadar, masyarakat dapat melakukan antisipasi lebih dini dan beradaptasi ketika menghadapi bencana.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat