visitaaponce.com

Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,9 Guncang Maluku

Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,9 Guncang Maluku
POTENSI TSUNAMI: Hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.(BMKG/ TWITTER)

 

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis terjadinya gempa di Maluku yang terjadi pada Selasa 10 Januari 2023 pukul 00.47.34 WIB menggncang wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku. Episenter berada pada kedalaman 130 km.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG,Daryono dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah. Hasil analisis mekanisme sumber juga menunjukkan bahwa gempa Maluku memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa Maluku M 7,9 tersebut menunjukkan adanya potensi tsunami dengan tingkat ancaman siaga dan waspada. Namun hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Sementara itu, berdasarkan observasi 4 Tide Gauge di sekitar sumber gempabumi yakni Seira, Adaut, Lirang, dan Larat, juga tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi muka air laut yang signifikan.

Dengan demikian BMK setelah dua jam mengamati perkembangan gempa tersebut memutakhirkan datanya dan menyebut gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. Namun demikian masyarakat tetap diminta waspada.
Beberapa kerusakan rumah terjadi. Hingga kini berapa jauh dampak kerusakan dan kemungkinan adanya korban jiwa masih terus dipantau.(Ant/H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat