visitaaponce.com

Tahun Ini, 51 Jemaah Dibadalhajikan dan 136 Orang Disafariwukufkan

Tahun Ini, 51 Jemaah Dibadalhajikan dan 136 Orang Disafariwukufkan
Potret Kabah secara close-up di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.(AFP)

PENYELENGGARAAN haji 1443 H/2022 M memasuki fase puncak dengan wukuf di Arafah. Lebih kurang satu juta jemaah berkumpul di padang Arafah, Arab Saudi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pada tahun ini, terdapat 51 jemaah yang dibadalhajikan dan 136 jemaah yang disafariwukufkan.

"Sesuai komitmen pemerintah, semua jemaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan," kata Gus Men, panggilan akrabnya, Jumat (8/7).

Baca juga: Ini 5 Kunci Menjaga Kesehatan di Puncak Ibadah Armuzna

"Tahun ini, ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan ada 136 jemaah yang disafariwukufkan," sambungnya.

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji Alam Agoga Hasibuan merinci 51 jemaah yang dibadalhajikan terdiri atas 29 badal haji karena wafat dan 22 jemaah dibadalhajikan karena sakit berat. 

Adapun jemaah yang sakit berat sebanyak 10 orang dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Lalu, 12 jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

"Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus. Lalu, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus dan ada 1 jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak RS Arab Saudi," jelas Alam.

Baca juga: Jubir Wapres: Uang Calon Jemaah Haji Furoda Harus Dikembalikan

Lebih lanjut, dia mengatakan proses safariwukuf menggunakan 10 bus dan satu bus cadangan. Selain tim kesehatan, setiap bus ditugaskan seorang khatib dan dua pembimbing ibadah.

"Di bus akan dilakukan proses safari wukuf. Mulai dari khutbah wukuf, hingga salat jamak qashar Zuhur dan Asar. Serta talbiyah, zikir dan doa," imbuhnya.

Kasi Bimbingan Ibadah Haji Daker Makkah Anshor menambahkan bahwa ada 30 tim safari wukuf dan sejumlah tim medis yang diterjunkan. Mereka bertugas mbimbing niat thaharah jemaah, termasuk tayammum. Tim kesehatan juga membantu wudlu jemaah uzur. Bagi jemaah yang tidak bisa berwudlu, mereka dibantu bertayamum.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat