visitaaponce.com

Jumlah Jemaah Sakit di Madinah Menurun, Tersisa 3 Orang

Jumlah Jemaah Sakit di Madinah Menurun, Tersisa 3 Orang
Dengan dibantu petugas, jemaah haji Indonesia memasuki Raudhoh menggunakan surat izin (tasreh), Sabtu (18/5/2024).(DOk MCH)

JEMAAH haji Indonesia yang saat ini dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) menunjukkan tren penurunan. Hingga Kemarin (26/5), ada 3 jemaah yang masih dirawat inap dan terus berangsur pulih.

"Banyak pasien yang sudah sehat. Kemarin total jemaah yang dirawat di atas 10 orang, tapi hari ini kami pulangkan lumayan banyak,” kata penanggung jawab medis jemaah haji dr. Adhita Kartyanto, Senin (27/5).

Sebagian besar jemaah haji Indonesia yang dirawat mengalami keluhan demam dan kelelahan. Namun untuk kasus-kasus yang gawat darurat tentu dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Kondisi para jemaah masih belum bisa dipulangkan, namun tetap dalam pantauan.

Baca juga : Haji 2024, Istithaah dari Aspek Kesehatan Harus Jadi Perhatian Serius

Bagi jemaah yang belum dapat dipulangkan hingga akhir masa pendorongan ke Makkah, mereka akan dibadalkan.

"Memang ada jemaah yang tetap dirawat di sana, misalnya pasien-pasien yang membutuhkan ventilator, otomatis tidak mungkin akan dipulangkan sampai ada perbaikan kondisi atau perkembangan lebih lanjut,” jelasnya.

Jelang puncak haji Tim Kesehatan dari Madinah akan berpindah ke Makkah untuk memperkuat pelayanan di KKHI Makkah. Adapun tim KKHI Madinah masih tetap melakukan pemantauan kondisi jemaah haji yang dirujuk di Rumah Sakit Arab Saudi.

“Kemungkinan kami akan berpindah ke KKHI Makkah sekitar tanggal 2 atau 3 Juni. Kemudian kami masuk ke dalam tim jaga KKHI Makkah untuk memperkuat pelayanan di sana. Kalau kondisi jemaah yang dirawat ternyata membaik, sementara dari tim KKHI Madinah sudah berpindah, maka jemaah yang sakit akan ditransfer misalnya dari Rumah Sakit King Fahad Madinah ke Rumah Sakit King Fahad yang ada di Makkah juga," jelas dia.

Sejak dimulainya operasional penyelenggaraan haji tahun ini, KKHI Madinah telah menerima 396 jemaah haji dengan berbagai keluhan. Sebanyak 135 di antaranya menjalani rawat inap dan selebihnya hanya rawat jalan serta poliklinik. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat