visitaaponce.com

Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan ke Arafah

Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan ke Arafah
Jelang Wukuf, Ketua Rombongan dan Petugas Haji Aceh Survei Lokasi Armina(Dok. MCH/AMIR MR)

JUMAT (14/6/2024),  pagi mulai pukul 06.00 WAS atau 10.00. WIB, jemaah haji akan mulai diberangkatkan dari Kota Makkah ke Arafah. Pemberangkatan jemaah haji dibagi ke dalam tiga trip.

Trip pertama berangkat pukul 06.00 hingga 10 WAS.  Trip kedua pukul 10.30 hingga 15.00 WAS dan trip ketiga 15.30 hingga 20.00 WAS.

Para jemaah akan melaksanakan wukuf di Arafah pada Sabtu (15/6/2024).

Baca juga : Menjelang Wukuf, Jemaah Lansia Mulai Ditempatkan di Hotel Transit

Sebelumnya, Kamis (13/6), malam sekitar Pukul 20.30 Waktu Arab Saudi (Was) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang menjadi Satuan Tugas (satgas) Arafah diberangkatkan dari Kota Makkah. "Malam ini diberangkatkan 765 petugas," ujar Keala Satgas Arafah, Ali Machzumi saat akan berangkat ke Arafah, Kamis (13/6).

Ali kemudian menjelaskan, Satgas Arafah ini merupakan gabungan dari beberapa petugas. "Terdiri dari petugas Daker Madinah, Satgas Jamarot dan satgas Koordinator Maktab," jelasnya.

765 petugas ini nantinya akan melayani para jemaah haji saat wukuf di Arafah pada 10 Zulhijjah 1445 H atau Sabtu (15/6/2024). "Ada 73 maktab di Arafah dimana total tenda sebanyak 1.169 telah disiapkan untuk jemaah haji Indonesia. Ini menjadi tanggung jawab seluruh Satgas Arafah," sambungnya.

Baca juga : Menag Minta Distribusi Smart Card Selesai H-1 Wukuf

Sebelum jemaah haji datang pada Jumat (14/6), para petugas nantinya akan melakukan pengecekan terhadap seluruh fasilitas. "Memastikan seluruh fasilitas layak, ketersediaan air, dan yang utama memastikan tenda kosong, mencegah agar tidak ada orang lain yang tidak berhak memasuki tenda sebelum jemaah haji reguler memasukinya, " tandas Ali.

Satgas Arafah nantinya akan bergerak ke Muzdalifah dan Mina setelah seluruh jemaah dipastikan tidak ada yang tertinggal di Arafah pada 9 Zulhijjah malam.

"Terakhir harus sweeping seluruh bagian Arafah agar tidak ada jemaah yang tertinggal," tutup Ali.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat