visitaaponce.com

Kenali Arti Rambu Lalu Lintas agar Perjalanan Nyaman

Kenali Arti Rambu Lalu Lintas agar Perjalanan Nyaman
Ilustrasi.(Antara/Aprillio Akbar.)

SEBAGAI masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita mengetahui rambu-rambu lalu lintas di Indonesia untuk dipatuhi. Namun, tak jarang ada beberapa rambu yang tidak kita ketahui artinya. 

Rambu lalu lintas berfungsi untuk navigasi atau instruksi kepada para pengguna jalan, agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan dalam berlalu lintas. Rambu lalu lintas diatur berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014. Terdapat empat jenis rambu lalu lintas pada umumnya yaitu larangan, perintah, peringatan, dan petunjuk.

Arti rambu lalu lintas larangan

Rambu ini digunakan agar pengguna jalan mengetahui hal-hal yang dilarang di jalan tersebut. Pada dasarnya rambu ini berdasar palang rambu berwarna putih, garis tepi berwarna merah, dan lambang huruf atau angka berwarna hitam. Seperti rambu dilarang berhenti, dilarang masuk, dan dilarang parkir.

Arti rambu lalu lintas perintah

Rambu lalu lintas perintah merupakan rambu yang menyatakan perintah yang wajib diikuti oleh semua pengguna jalan. Ini untuk memberi petunjuk pendahuluan sebelum titik kewajiban dimulai. Bentuk dari rambu ini berdasar palang rambu berwarna biru dengan tulisan, angka, atau simbol berwarna putih. Contohnya rambu penanda tempat parkir atau jalur sepeda.

Arti rambu lalu lintas peringatan

Rambu yang berbentuk palang rambu berwarna kuning dengan tulisan atau simbol berwarna hitam ini berfungsi memberikan informasi berupa peringatan terhadap bahaya dan sifat dari bahaya tersebut kepada pengguna jalan. Contohnya rambu pengatur lalu lintas.

Arti rambu petunjuk

Seperti namanya, rambu petunjuk digunakan untuk memberikan informasi dan memandu pengguna jalan yang berada dalam perjalanan. Contohnya rambu untuk arah dan letak kota, jarak tempuh, atau tempat penting seperti pom bensin, rumah sakit, dan masjid.

Itulah beberapa contoh dan arti dari rambu lalu lintas yang wajib kita patuhi agar selamat sampai tujuan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat