visitaaponce.com

Sejumlah Jamaah Haji Tertahan Akibat Tak Ikuti Batasan Bagasi

Sejumlah Jamaah Haji Tertahan Akibat Tak Ikuti Batasan Bagasi
Jemaah haji Indonesia berkemas-kemas jelang kepulangan mereka di Hotel Lulu'ah, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (13/7/2022).(MI/SUSANTO)

PLH. Kepala Biro HDI Kementerian Agama, Wawan Djunaedi, mengimbau jemaah haji yang akan kembali ke tanah air untuk membawa barang bawaan sesuai kebutuhan dan tidak berusaha memasukkan air zamzam ke bagasi.

"Saat ini masa pemulangan haji ke debarkasi masing-masing, pemerintah mengimbau agar menunaikan ibadah sesuai dengan kemampuan dan tidak dipaksakan, jemaah juga diimbau untuk mematuhi ketentuan barang bawaan, tidak berusaha memasukkan air zamzam ke bagasi dan mengecek kembali paspor dan kelengkapan lainnya" ujarnya di Jakarta, Jumat (5/8).

Sebelumnya, Ketua Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama, Akhmad Fauzin telah menyebutkan batasan barang bawaan untuk para jemaah haji yang akan pulang ke tanah air. Ia mengimbau kepada jemaah haji reguler hanya dapat membawa bagasi maksimal 32 kg kecuali embarkasi surabaya dengan maksimal bagasi 28 kg. Sementara tas bawaan hanya bisa diisi maksimal 7kg.

Baca juga: Perempuan Sumba Timur Jadi Penjaga Budaya Tenun Ikat

Dalam keterangannya Akhmad menyebut jemaah haji dilarang membawa air zamzam ke tanah air sesuai dengan ketentuan dari GACA Arab Saudi. Ia menambahkan bahwa setiap jemaah berhak mendapatkan 1 galon air zamzam isi 5 liter yang akan dibagikan di debarkasi masing-masing

Ia menjelaskan saat ini masih banyak tas para jemaah yang terpaksa dibongkar saat menjelang kepulangan karena tidak mengikuti batasan-batasan tersebut. "Kami mengimbau kepada jemaah agar mematuhi ketentuan barang bawaan supaya tidak menjadi kendala saat mau pulang," tambahnya.

Selanjutnya, Wawan menyebutkan sebanyak 66.357 jemaah haji tiba di tanah air pada hari operasional penyelenggaraan ibadah haji ke-63. Dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji 1443 ia menyebutkan 9 kelompok terbang akan dipulangkan menuju 7 debarkasi dengan jumlah jemaah 3587 orang.

Ia juga menyebutkan masih terdapat 20 jemaah yang sedang di rawat di RS Arab Saudi dan 34 jemaah yang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia. Sementara jemaah haji yang wafat berjumlah 84 orang. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat