visitaaponce.com

Olahraga yang Cocok bagi Jemaah Haji yang sudah Pulang

Olahraga yang Cocok bagi Jemaah Haji yang sudah Pulang
Sujud syukur jemaah haji tiba.(Dok Media Center Haji)

OLAHRAGA ringan seperti berjalan kaki dan bersepeda dapat membantu kebugaran fisik jemaah haji yang baru tiba di tanah air tetap terjaga. Ini usai mereka mengikuti rangkaian ibadah haji yang panjang.

"Usai mengikuti haji, kita bisa melakukan olahraga yang intensitas kekuatannya rendah. Misalnya dia bisa berjalan kaki atau melakukan bersepeda statik di rumah tanpa ada pembebanan yang tinggi," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) Dr. dr. Syarief Hasan Lutfie, Sp.KFR, MARS, AIFO-K, Jakarta, Senin (1/7).

Menanggapi pulangnya ribuan jemaah haji ke Indonesia, Syarief menekankan pentingnya mereka secara bertahap melakukan olahraga ringan agar tubuh tidak mengalami kaget gerak. Maklum, jemaah lama duduk di dalam pesawat maupun usai melakukan kegiatan haji yang panjang. 

Baca juga : Kata Dokter, Olahraga Sambil Nonton Drakor Cukup

Pada olahraga berjalan kaki, dia menyarankan jemaah melakukannya secara perlahan di tempat yang aman dan melingkar dibandingkan berbukit atau banyak turunan. Lokasi itu baik bagi penderita yang memiliki komorbid, seperti penyakit paru-paru atau penyakit jantung.

Bagi jemaah haji yang lebih senang melakukan olahraga di dalam rumah, mengayuh sepeda statis dapat dijadikan pilihan yang tepat. Ini karena olahraga itu tidak memerlukan banyak gerakan dan berpindah dalam satu waktu.

Syarief menyebut jenis olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah alah aerobik dengan intensitas gerakan yang rendah sampai sedang untuk kelenturan semua sendi pada tubuh. Untuk olahraga lain seperti yoga dan zumba, Syarief menilai jemaah dapat melakukannya dengan catatan bagi penderita komorbid disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

"Tergantung pada komorbiditasnya, tergantung jenis komorbidnya. Kalau komorbidnya karena hipertensi ataupun diabetes harus disesuaikan dengan pola minum obatnya, aktivitasnya, apakah dia memang sudah stabil atau belum tergantung dari komorbid," kata dia.

Begitu pula dengan penderita asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan penderita hipertensi. "Bagaimanapun harus diukur dulu nadinya, dia harus belajar menghitung nadi, mengenali diri sendiri terhadap kemampuan intensitas fisiknya. Apabila nadinya sudah beranjak naik dia harus beristirahat sejenak. Jangan sampai lebih dari 120 dan (pemeriksaan) itu bisa dilakukan secara mandiri," kata Syarief. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat