visitaaponce.com

Liga Esports Nasional Digulirkan Lagi, Memperebutkan Hadiah Rp3,2 Miliar

Liga Esports Nasional Digulirkan Lagi, Memperebutkan Hadiah Rp3,2 Miliar
Konferensi pers Liga Esport Nasional 2024(Dok.Ist)

PENGURUS Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengumumkan bergulirnya Liga Esport Nasional 2024. Total hadiah yang diperebutkan meningkat dari Rp3 miliar menjadi Rp3,2 miliar untuk edisi tahun ini.

Wakil Bendahara Umum PB ESI Ashadi Ang menyebut Liga Esports tahun ini sebagai bagian strategi jangka panjang demi meningkatkan ekosistem esports Tanah Air dan juga ekonomi kreatif. Liga yang digelar tahunan itu juga dibidik untuk memunculkan talenta-talenta Tanah Air yang potensial mewakili Indonesia di ajang level dunia.

"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada atlet esports termasuk yang amatir serta talenta dari konten kreator, influencer, untuk lebih mengeksplorasi bakatnya. Tujuannya agar esports makin inklusif," kata Ashadi di Jakarta, Kamis (27/6).

Baca juga : Kurangi Impor, Peningkatan TKDN Dorong Pengembangan Industri Elektronik Dalam Negeri

Liga Esports Nasional 2024 diselenggarakan berjenjang mulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 lalu disusul tahap playoff.

Antusiasme tahun ini juga ditargetkan meningkat. Pada edisi 2023 lalu, Liga 3 Esports Nasional tercatat menarik minat 126.010 peserta dan 25.202 tim.  Penonton secara langsung tercatat 19.545 orang sedangkan daring mencapai 1,3 juta penonton.

Dengan digulirkannya liga nasional, PB ESI menargetkan esports menjadi cabang olahraga elektronik yang bisa meluas ke berbagai wilayah Tanah Air.

Baca juga : Fenrir Dongkak Sukses Selami Industri Game di Usia Muda

"Tahun lalu Liga 3 diikuti 126 ribu orang dan 25 ribu tim. Ini pencapaian luar biasa sekali," imbuh Ashadi.

Gim utama yang akan dipertandingkan yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Chief Operating Officer (COO) Garudaku Ricky Setiawan mengatakan akan ada dua gim garapan developer lokal yang dipertandingkan sebagai kategori eksibisi yaitu Battle of Guardians dan Wardeka Battleground.

"Sebagai liga tertinggi, Liga Esports Nasional menjadi hari raya bagi industri esports. Penggemar esports dari berbagai gim di seluruh Indonesia berkumpul," ucap Ricky.

Adapun pendaftaran untuk peserta sudah dibuka di Garudaku. Tahapan kompetisi dimulai secara daring dari Liga 3 Jalur Solo, Liga 3 Jalur Terbuka, dan Liga 3 Jalur Pro. Tim-tim yang lolos akan promosi bertanding di Liga 2. Kemudian naik lagi ke Liga 1 yang akan dipusatkan di Jakarta. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat