visitaaponce.com

Yuk Mengenal Apa Itu Benda Cair

Yuk Mengenal Apa Itu Benda Cair
Ilustrasi(pizabay.com)

TERDAPAT tiga jenis benda, yaitu benda padat, gas, dan cair. Masing masing memiliki ciri ciri dan bentuknya tersendiri. Kali ini, mari membahas mengenai benda cair.

Benda cair adalah salah satu dari ketiga jenis benda. Sifatnya fluktuatif, yang artinya bersifat mengalir. Selain itu, benda cair disusun oleh molekul yang bersifat fleksibel, artinya, bisa menyesuaikan bentuknya sesuai dengan wadah yang ditempati.

Baca juga: Yuk Mengenal 3 Jenis Perpindahan Kalor dan Contohnya

Berikut adalah sifat dari benda cair.

  • Bersifat fluktuatif, mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
  • Mengisi sebuah ruangan atau wadah
  • Bentuknya menyerupai wadah yang ditempati
  • Mempunyai massa
  • Dengan energi sesaat, permukaan air dapat berubah menjadi tidak rata, namun secara konstan, permukaan air tetap rata.

Benda cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Hal itu disebabkan oleh ikatan atom penyusun benda cair tidak terlalu kuat. Hal itu jugalah yang menyebabkan kerenggangan dalam benda cair, dibanding dengan benda padat.

Benda cair bisa berubah bentuk. Salah satu contoh paling umum perubahan dari benda cair adalah pembekuan. Perubahan itu terjadi saat kita menaruh air dalam pendingin yang berada di suhu 0’C maka air akan berubah menjadi benda padat, berupa es. 

Benda cair adalah jenis benda yang umum yang bisa kita temukan, karena bersifat dapat dilihat dan sebagian dapat dialami langsung oleh manusia. Contohnya, air, minyak, susu, alkohol, kecap, madu, cuka, dan sebagainya. Beberapa benda cair juga berbahaya bagi manusia, misalnya, Asam Sulfat, dan etanol. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat