visitaaponce.com

Ada Apa dengan Mangkok Ayam Jago Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Sejarahnya

Ada Apa dengan Mangkok Ayam Jago Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Sejarahnya
Google Doodle.(Tangkapan layar )

KETIKA membuka google di layar elektronik anda, terdapat gambar mangkok ayam jago. Anda mungkin saja bertanya-tanya ada apa dengan mangkok ayam jago jadi google doodle pada hari ini ? 

Nah, untuk menjawab rasa penasaran, simak rangkumannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: Kemen PPPA: Hukum Maksimal Pelaku Kekerasan Seksual di Batang

1. Ada Apa dengan Mangkok Ayan Jantan Di Google Doodle?

Mangkuk dengan gambar khas seekor ayam jantan berekor hitam serta bunga peony dan daun pisang ini adalah peralatan makan tradisional yang sudah melegenda, bahkan sudah menyebar dan populer ke berbagai penjuru negara, tak terkecuali juga di Indonesia.

Biasanya mangkok tersebut sering digunakan dalam penyajian, bakso, soto, dan makanan khas Indonesia lain. Selain itu, banyak keluarga di Indonesia juga memiliki mangkuk ayam jago di rumahnya. Namun, hari ini bukan di dapur atau di rumah makan, mangkuk ayam jago muncul di Google Doodle.

Dilansir dari Google, mangkuk ayam jago jadi google doodle merupakan sebuah apresiasi terhadap karya seni desain mangkuk yang berasal dari Lampang, Thailand.

Selain itu juga Google Doodle mangkuk ayam jago ini dimunculkan untuk memperingati pendaftaran yang dilakukan pemerintah Thailand pada desain tersebut di tanggal ini, tepat 9 tahun yang lalu atau pada 2013.

Jadi google doodle membuatnya sebagai sebuah perayaan Lampang Rooster Bowl atau mangkuk ayam jantan yang ikonik. Desain Google Doodle tersebut digambar oleh Helene Leroux.

"Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik," tulis Google di halaman resminya. Google menyebut peralatan dapur tahan lama itu sangat populer di Asia sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

2. Sejarah Mangkok Ayam Jantan 

Mangkok ayam jago dibuat dari mangkuk putih biasa tanpa pola apa pun. Mangkok ini kemudian diberi gambar ayam jago dengan penony merah dan daun hijau. Selain gambar ayam jago, umumnya, tiga pohon pisang dan kadang-kadang kelelawar digambar di sisi berlawanan dari ayam jago. Ada bunga dan daun kecil di dasar mangkuk. 

Kualitas mangkuknya sangat tahan lama, dan keindahan polanya telah membuat mangkuk ayam menjadi mangkuk standar Cina.

Jika di defenisikan Makna dari desain ayam jago tersebut melambangkan kerja keras, sedangkan desain daun pisang dan bunga peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Ada berbagai ukuran mangkuk ayam jago: lebar 4 inci, lebar 5 inci, kedalaman 6 inci, lebar 8 inci, dan kedalaman 8 inci. Ukuran lebar 5-6 inci untuk rumah tangga dan restoran dan 7-8 inci untuk buruh karena mereka makan banyak.

Walaupun mangkuk ayam jago tersebut menunjukan produk Lampang Thailand, ternyata di negara lain seperti Tiongkok juga memiliki produk mangkuk dengan desain ayam jago.

Menurut sejarah, lebih tepatnya pada tahun 1957, di Provinsi Lampang Thailand dulunya banyak pengusaha yang membuka pabrik peralatan dapur ayam jago.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan ini, mangkuk ini menjadi salah satu produk terlaris dan berimbas pada peningkatan keuangan masyarakat setempat.

Diketahui sampai saat ini, Lampang masih terus memproduksi mangkuk ayam jago ini. Meskipun begitu, hanya sedikit yang membuatnya dengan gaya dan bahan tradisional.

Dilansir dari National Geographic, di Tiongkok mangkuk dengan desain ayam jago tidak hanya terkenal sebagai desain peralatan makan saja. Ternyata mangkuk tersebut juga terkenal karena sering menjadi property film Hong Kong karya Stephen Chow di tahun 90-an. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat