visitaaponce.com

Yuk, Kenalan dengan Musim Gugur

Yuk, Kenalan dengan Musim Gugur
Musim gugur(AFP/PHILIP FONG)

INDONESIA merupakan negara dengan iklim tropis, yakni hanya memiliki dua musim, musim penghujan dan kemarau. Akan tetapi, di belahan dunia lainnya ada negara yang memiliki empat musim. Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari pergerakan bumi mengelilingi matahari atau bisa dikenal dengan sebutan revolusi bumi.

Bumi juga berputar pada porosnya akan tetapi lebih miring sekitar 23,5 derajat dari sumbu pusatnya. Akibatnya ada saat bumi bagian selatan lebih banyak mendapatkan sinar matahari dibandingkan dengan belahan bumi bagian utara, serta sebaliknya

Karena perbedaan itu, ada negara yang hanya memiliki dua musim yang berada di garis khatulistiwa, ada juga negara dengan empat musim. Keempat musim itu yakni musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Tentunya, setiap musim memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda, seperti musim semi yang memunculkan berbagai macam bunga dan tunas daun baru. Pun dengan musim gugur yang tidak kalah indah dan cantik. Untuk mengetahui lebih detail tentang musim gugur, yuk simak penjelasan berikut;

1. Apa itu Musim gugur?

Musim gugur dikenal dengan sebutan Autumn yang merupakan salah satu dari empat musim di daerah beriklim sedang dan merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.

Amerika Serikat lebih mengenal istilah musim gugur dengan istilah fall. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musim dingin adalah musim sesudah gugur atau sebelum semi, terdapat di daerah yang mempunyai empat musim.

Musim yang identik dengan pemandangan kecokelatan ini terjadi tiap tahunnya di antara musim panas dan dingin.

Ketika memasuki masa gugur, suhu perlahan-lahan akan menurun. Musim gugur di belahan bumi utara terjadi antara equinox, yakni sekitar tanggal 22 atau 23 september serta titik balik matahari di tanggal 21 atau 22 desember. Sementara di bumi bagian selatan, musim gugur terjadi pada kisaran tanggal 20 atau 21 maret hingga 21 atau 22 juni.

Di kawasan Eropa, musim gugur sangat berkaitan dengan masa panen. Banyak pula satwa yang mengumpulkan makanan di musim ini untuk cadangan selama berlangsungnya musim dingin.

2. Waktu Terjadinya Musim Gugur

Waktu terjadinya musim gugur berbeda–beda di setiap tempat, hal ini tergantung dari fenomena equinox. Di Eropa atau belahan bumi bagian utara, musim gugur mulai terjadi sejak tanggal 23 September dan berakhir pada tanggal 21 Desember. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang berakhir lebih awal dengan ditandainya turun hujan salju pertama.

Mengapa bisa demikian? Jadi sama halnya dengan musim semi, perhitungan waktu untuk musim gugur juga terbagi menjadi 2 macam yaitu berdasarkan kalender astronomi yaitu dengan perhitungan benda–benda langit, musim gugur terjadi sejak tanggal 23 September hingga 23 Desember. Serta musim gugur dihitung berdasarkan meteorologi ini dikaitkan dengan temperatur, uap air dan tekanan udara, musim gugur dimulai sejak tanggal 1 September sampai 1 Desember. Sedangkan pada belahan bumi bagian selatan, musim gugur dimulai dari tanggal 21 Maret sampai dengan tanggal 21 Juni atau 1 Maret hingga 31 Maret jika berdasarkan pada perhitungan meteorologi.

3. Karakteristik Musim Gugur

a. Sama seperti musim semi, saat terjadi equinox, musim gugur di hari pertama, durasi siang hari akan sama lamanya saat malam hari. Sebab, pada hari itu, posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau di antara bumi bagian utara dan bumi bagian selatan.

b. Selama musim gugur berlangsung, waktu di siang hari akan lebih cepat dibandingkan dengan waktu di malam hari.

c. Banyak tumbuhan yang mulai layu dan rontok.

d. Saat musim gugur, daun–daun akan berubah warna menjadi kuning, orange, merah dan lain sebagainya. Saat musim semi dan musim panas, sebagian besar daun berwarna hijau karena adanya klorofil di dalamnya. Namun, saat tiba musim gugur, sinar matahari lebih lemah dan tidak bersinar lama sehingga perlahan klorofil pada daun berkurang dan akhirnya mengubah warna daun menjadi warna lain.

e. Suhu saat musim gugur berkisar 60% dingin dan 40% terasa panas, sebab sinar matahari tidak berlangsung lama dan cuaca cenderung terkesan gelap.

f. Sering terjadi hujan namun tidak deras, saat di awal musim gugur banyak kabut yang muncul di pagi hari.

g. Musim gugur menjadi waktunya bagi burung – burung untuk bermigrasi. Kebanyakan burung akan pergi menuju tempat yang lebih hangat untuk menghindari cuaca dingin.

h. Banyak hewan seperti tupai akan mengumpulkan makanan selama musim gugur untuk persiapan menghadapi musim dingin. Jika terlihat tupai muncul saat musim dingin, mereka sedang mengambil makanan yang sudah mereka kumpulkan dari tumpukan salju.

i. Beberapa hewan akan makan lebih banyak untuk persiapan hibernasi saat musim dingin tiba seperti beruang.

4. Negara Musim Gugur

Banyak negara yang menjadikan datangnya musim gugur sebagai potensi wisata. Tak heran banyak paket wisata musim gugur yang ditawarkan beberapa negara.

Bagi yang ingin berlibur dan menikmati suasananya, berikut referensi tempat dengan pemandangan musim gugur yang indah:

a. Kanada
Kanada adalah negara di benua Amerika yang terkenal dengan pohon maple-nya. Bahkan daun pohon maple menjadi lambang di bendera negara tersebut.

Musim gugur dengan pemandangan pohon maple yang berguguran merupakan ciri khas dari Kanada. Di musim ini, umumnya kunjungan wisatawan dari berbagai negara meningkat pesat.

b. Paris, Prancis
Paris adalah salah satu kota romantis di Eropa. Kota dengan ikon menara eiffel yang terkenal ini menjadi salah satu contoh kota dengan musim gugur yang indah, salah satunya di Jardin du Luxembourg serta Parc des Buttes Chaumount.

Meski Paris cenderung lebih sepi pengunjung, namun akan menjadi liburan menyenangkan karena kita lebih leluasa menikmati pemandangannya.

c. Jepang
Negera Jepang adalah negara Asia yang mengalami 4 musim setiap tahunnya. Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu tujuan wisata musim gugur bagi wisatawan mancanegara.

Saat musim gugur tiba, daun pohon momijigari akan berubah warna menjadi kekuningan. Untuk melihat pemandangan tersebut, kita bisa datang ke Kyoto untuk berwisata.

d. Selandia Baru
Tak hanya di kawasan belahan bumi utara, bumi bagian selatan juga memiliki pesona musim gugur yang menakjubkan. Selandia Baru yang terkenal akan padang rumputnya mempunyai pemandangan yang sangat indah yang terjadi pada bulan April.

Itulah tadi informasi mengenai musim gugur. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat