visitaaponce.com

Pemerintah Relokasi Stok Vaksin Covid-19 dari Daerah Surplus

Pemerintah Relokasi Stok Vaksin Covid-19 dari Daerah Surplus
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin covid-19 yang akan disuntikkan ke warga.(Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengakui bahwa sejumlah daerah saat ini mengalami kelangkaan stok vaksin covid-19. Sembari menunggu produksi vaksin di dalam negeri, pemerintah pun melakukan relokasi vaksin di daerah.

"Stok vaksin memang berkurang, tapi kita mengupayakan dengan merelokasi vaksin dari provinsi atau kabupaten/kota," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Senin (17/10).

Baca juga: Diminta Presiden Terus Berinovasi, Bio Farma Kembangkan Vaksin Indovac untuk Anak

Adapun relokasi dilakukan dengan mengirim stok vaksin dari daerah dengan laju penyuntikan rendah, ke daerah dengan tingkat vaksinasi covid-19 yang tinggi. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan vaksin di DKI Jakarta, pemerintah merelokasi vaksin dari Banten.

"Yang laju penyuntikan rendah direlokasi ke daerah yang penyuntikan tinggi. Sambil menunggu produksi dalam negeri," imbuh Nadia.

Saat ini, stok vaksin covid-19 di Tanah Air tersisa sekitar 1,2 juta dosis. Sebanyak 200 ribu dosis disimpan di fasilitas milik pemerintah pusat. Lalu, sekitar 1 juta dosis menyebar di berbagai fasilitas penyimpanan daerah.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat