visitaaponce.com

IDI Ingatkan Masyarakat Agar Waspadai Penyakit Akibat Banjir

IDI Ingatkan Masyarakat Agar Waspadai Penyakit Akibat Banjir
Ilustrasi--Warga mendorong kendaraannya yang mogok saat melewati banjir di kawasan Jalan Raya Jati, Sidoarjo, Jawa Timur.(ANTARA/Umarul Faruq)

SEKRETARIS Jenderal Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ulul Albab meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang diakibatkan oleh banjir, seperti penyakit diare dan infeksi kulit.

"Penyakit diare dan infeksi kulit merupakan dua penyakit yang sering kali menjadi ancaman saat terjadi bencana banjir. Pentingnya menjaga kesehatan dapat membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit saat banjir," kata Ulul, dalam sebuah konferensi pers di Kota Bandung, Senin (24/10).

Ulul menjelaskan antisipasi yang dapat dilakukan, yaitu menyiapkan obat-obatan yang diperlukan untuk melakukan pertolongan pertama.

Baca juga: Normalisasi Kali Ciliwung Kembali Dilanjutkan Tahun Depan

Selain itu, saat musim hujan tiba, masyarakat dapat lebih siap menjalani aktivitas dengan menggunakan pakaian hangat, konsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga, serta menyiapkan payung saat bepergian.

"Apabila mengalami gejala penyakit penyerta di musim hujan, segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat," kata dia.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati, salah satu upaya pencegahan penyakit pasca banjir adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," lanjut Ulul. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat