visitaaponce.com

Tak Banyak Diketahui, Kenali Penyakit Langka 7 Syndrome

Tak Banyak Diketahui, Kenali Penyakit Langka 7+ Syndrome
Ilustrasi(freepik.com)

KETIKA N lahir pada 11 Februari 2011, ia tampak sehat dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan yang dilihat orangtuanya. Hanya perasaan senang dan bahagia pada hari itu. Hingga akhirnya pada usia 18 bulan, Eka sang ibu, , menyadari anaknya ada yang berbeda.

Kecurigaan Eka muncul saat tangan N begitu lemas saat memainkan sakelar lampu. Padahal, ketika baru lahir dokter mengatakan ia baik-baik saja dan tidak ada gejala apa pun. Akhirnya Eka datang ke dokter untuk menanyakan tumbuh kembang N. 

"Saat itu hanya curiga pada tangannya saja yang lemas. Perkembangan lainnya tidak terlalu memperhatikan karena untuk gerak lainnya, seperti duduk, tengkurap, di umur segitu masih baik-baik saja. Jalan dengan berpegangan sesuatu atau rembetan masih bisa, tetapi jalan secara biasa baru bisa pada usia empat tahun," kata Eka kepada Media Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca juga : 65% Penyandang Penyakit Langka akan Alami Masalah Serius

Eka juga melihat ada yang aneh pada pertumbuhan anaknya yang hanya beberapa bagian sehingga dibawa ke banyak dokter dan hasilnya tetap sama, dokter mengatakan tidak ada masalah. Akhirnya Eka melakukan tes kromosom di Lab Biologi Universitas Indonesia yang menunjukkan bahwa putrinya terdiagnosis mengalami down syndrome dan ada kelainan di kromosom 7. 

Kemudian pada 2017 dilakukan tes ulang dan hasilnya tidak ada down syndrome, hanya ada kelainan di kromosom 7 yang kelebihan ukuran sehingga disebutnya additional. 

"Dokternya bilang karena tidak ada di kamus genetik sehingga disebut 7+ syndrome. Kelainan kromosom tersebut di lapangan memang sudah banyak, tetapi berbeda-beda, ada yang tidak sesuai ukuran atau kromosom nyelip di tengah-tengah tambahan kromosom," ujar Eka.

Baca juga : Penyakit Langka, Empty Sella Syndrome Jarang Picu Gejala

Ketika pandemi, N terpaksa sekolah di rumah karena ia mengalami pneumonia dan sudah dua kali masuk ICU sehingga rentan terkena penyakit apalagi SARS CoV2. 

"Saya tidak berani mendekatkan dia ke kerumunan karena jika tertular covid-19 akan sangat berbahaya," jelas Eka.

Survivor 7+ syndrome juga mengalami global developmental delay (GDD) atau keterlambatan perkembangan umum pada anak. Eka pernah melakukan tes IQ kepada anaknya dan hasilnya hanya 38. Postur tubuh tetap tinggi karena faktor keturunan, tapi tulang dada menonjol keluar atau yang biasa disebut pigeon chest (pectus carinatum). "Ketika tes MRI, ada atrofi otak, yaitu otak depan kecil," katanya

Penyakit langka atau rare disorder masih jarang menjadi perhatian masyarakat, padahal bisa terjadi kepada siapa pun tanpa ada riwayat keturunan atau penyakit menular. Untuk mewadahi penyintas dan keluarga odalangka, Eka tergaung dalam perkumpulan Indonesia Rare Disorder agar para orangtua bisa berbagi informasi dan lebih mengerti tentang penyakit langka. 

Perkumpulan Indonesia Rare Disorder yang sudah ada sejak 2015 dan baru disahkan secara legal pada 2022 dengan jumlah anggota lebih dari 400 orang. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat