visitaaponce.com

Syarat Vaksin Meningitis Bagi Jemaah Umrah Dihapus

Syarat Vaksin Meningitis Bagi Jemaah Umrah Dihapus
Petugas kesehatan Puskesmas Kopelma memberikan vaksin meningitis untuk para calon jemaah haji di Darussalam, Banda Aceh, Selasa (10/5/2022)(dok.Ant)

EPIDEMIOLOG Pandu Riono menegaskan masyarakat terutama calon jemaah haji dan umrah yang hendak melakukan perjalanan ke tanah suci tidak perlu khawatir, jika belum melakukan vaksin meningitis. Terlebih, setelah Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan bahwa syarat vaksin meningitis sudah tidak diwajibkan.

“Kalau pemerintah arab saudi tidak mewajibkan berarti aman. Artinya mungkin WHO juga tidak mewajibkan,” kata Pandu kepada Media Indonesia, Kamis (27/10).

Baca Juga: Syarat Mahram Bagi Jemaah Umrah Perempuan Dihapus

"Sebenarnya ketakutannya kan ada di negara-negara yang kemungkinan masih ada meningitisnya. Maka semua diwajibkan. Tapi untuk situasi Arab Saudi sendiri saya kurang tahu ya. Tapi kalau ternyata sudah dihapus syaratnya, ya sudah,” imbuh dia.

Pandu menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. Pemerintah Arab Saudi, kata Pandu, pasti telah memiliki pedoman mengapa syarat vaksin meningitis bagi jemaah tidak lagi diwajibkan.

"Nggak usah panik. Kalau dari sana nggak mewajibkan, kenapa kita harus vaksinasi? Kan vaksinasi mesti keluar duit. Sudah bayar umrah mahal, ya kan? Ya sudah ikuti saja, kalau Pemerintah Saudi tidak mewajibkan ya kita (pemerintah Indonesia) juga tidak perlu mewajibkan,” tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Vaksin Meningitis Langka, Jemaah Umrah Jangan Sampai Terlantar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat