visitaaponce.com

Virus Flu Mewabah, Ini 10 Penyakit Kronis yang Berisiko Alami Komplikasi Serius

Virus Flu Mewabah, Ini 10 Penyakit Kronis yang Berisiko Alami Komplikasi Serius
Ilustrasi(Istimewa)

WABAH Flu melanda negara-negara yang saat ini didera musim dingin dan menambah beban kesehatan, selain infeksi covid-19 dan respiratory syncytial virus (RSV). Rumah sakit penuh dan korban jiwa mulai berjatuhan karenanya, sebagian besar adalah anak-anak.

Centers for Desease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut, orang dewasa dengan kondisi kronis tertentu berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat flu.

Untuk mencegahnya, CDC merekomendasikan pemberian vaksin flu guna mengurangi risiko sakit flu. Untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis tertentu, vaksin flu bahkan telah terbukti mengurangi risiko memburuknya kondisi kronis terkait flu dan mencegah rawat inap terkait flu.

Dalam laman resminya, CDC pun membeberkan siapa saja orang yang sangat keselamatan jiwanya terancam karena komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh wabah flu itu. Berikut ini penjelasannya.

1. Pengidap asma
Penderita asma berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi flu serius, meskipun asmanya ringan atau gejalanya dapat dikendalikan dengan baik oleh obat-obatan.

Penderita asma dapat mengembangkan saluran udara yang bengkak dan sensitif, dan flu dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut pada saluran udara dan paru-paru.

2. Pasien Diabetes
Dalam beberapa musim terakhir, sekitar 30% orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu yang dilaporkan ke CDC menderita diabetes.

Penyakit akut seperti flu dapat mempersulit pengendalian kadar gula darah Anda. Flu dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, tetapi terkadang orang tidak merasa ingin makan saat sakit dan nafsu makan yang berkurang dapat menyebabkan kadar gula darah turun.

3. Pasien Jantung & Stroke
Di antara orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu selama musim flu baru-baru ini, penyakit jantung adalah salah satu kondisi kronis (jangka panjang) yang paling umum. Sekitar setengah dari orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu memiliki penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit flu dikaitkan dengan peningkatan serangan jantung dan stroke.

4. Pasien ginjal kronis (PGK)

PGK melemahkan respons kekebalan, yang dapat mempersulit sistem kekebalan untuk melawan infeksi. Orang dengan PGK pada tahap apa pun, orang yang telah menjalani transplantasi ginjal, dan orang yang menjalani perawatan dialisis semuanya berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat flu.
Kondisi kesehatan lain yang membuat orang berisiko lebih tinggi terkena komplikasi flu

5. Pengidap gangguan neurologis dan perkembangan saraf

6. Pasien penyakit paru-paru kronis (seperti penyakit paru obstruktif kronik/PPOK dan cystic fibrosis)

7. Pengidap gangguan endokrin

8. Pasien gangguan hati

9. Pasien dengan sistem kekebalan yang lemah karena penyakit (seperti orang dengan HIV atau AIDS, atau beberapa kanker seperti leukemia) atau obat-obatan (seperti yang menerima pengobatan kemoterapi atau radiasi untuk kanker, atau orang dengan kondisi kronis yang memerlukan kortikosteroid kronis atau obat lain yang menekan sistem imun)

10. Orang dengan disabilitas tertentu, terutama mereka yang mungkin mengalami masalah dengan fungsi otot, fungsi paru-paru, atau kesulitan batuk, menelan, atau mengeluarkan cairan dari saluran napasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat