visitaaponce.com

3 Obat Pereda Pilek yang Tersedia di Apotek

3 Obat Pereda Pilek yang Tersedia di Apotek
Penggunaan obat pilek yang tepat dapat membantu meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat, bersin, dan batuk(Freepik)

PILEK pada umumnya disebabkan virus. Saat virus menginfeksi hidung, zat peradangan akan menumpuk di dalam hidung. Penumpukan itu bisa menimbulkan bersin, pembengkakan dinding hidung dan peningkatan lendir. 

Selain infeksi, pilek juga bisa terjadi akibat reaksi alergi atau iritasi. Oleh karena itu, dengan menggunakan obat pilek yang tepat, pilek akan lebih cepat sembuh dan dapat mencegah terjadinya komplikasi, seperti sinusitis atau bronkitis.

Obat ini juga tersedia di mana-mana, termasuk di apotek. Anda langsung dibeli tanpa harus mencari resep dokter.
 
Berikut tiga daftar obat pereda pilek yang tepat dan dapat ditemui di apotek:

1. Actifed Sirup (Kuning) 60 ml

Actifed merupakan obat pilek yang mengandung bahan aktif pseudoephedrine dan triprolidine. Pseudoefedrin dalam obat ini dapat meredakan hidung tersumbat. Sementara kandungan triprolidine dapat membantu mengatasi bersin, mata gatal, pilek, dan batuk. 

Baca juga : Ini Tanda Anak Anda tidak Perlu Diberi Obat Meski Batuk Pilek

Actifed tersedia dalam bentuk sirup dan hadir dalam kemasan berwarna kuning. Untuk orang dewasa dan anak di atas 12 tahun, dosis obat ini adalah 1 scoop (5 ml) tiga kali sehari, dan untuk anak usia 6 hingga 12 tahun, 1/2 scoop (2,5 ml) tiga kali sehari.

2. Nalgestan 4 Tablet

Nargestan mengandung kombinasi phenylpropanolamine dan chlorpheniramine. Bahan phenylpropanolamine bertindak sebagai dekongestan yang mampu untuk meredakan hidung tersumbat. Sementara chlorpheniramine dapat mengurangi gejala bersin, batuk, dan pilek.

Nargestan adalah obat pilek yang tersedia dalam bentuk tablet dan bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Dosis umum obat ini adalah 1 tablet 3 sampai 4 kali sehari.

Baca juga : Claritin, Alternatif Pengobatan Alergi Secara Mandiri

3. Cairan saline

Obat pilek terakhir adalah cairan saline. Cairan ini adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam.

Cairan saline berfungsi melembabkan dinding saluran napas, mencairkan lendir, dan mencegah terbentuknya kerak di dalam hidung.

Obat pilek ini tersedia di apotek atau toko obat terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter. Saline tidak mengandung bahan kimia tambahan apa pun, sehingga bisa digunakan kapan saja. Namun, pastikan untuk membaca instruksi dengan seksama sebelum menggunakan obat tersebut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat