visitaaponce.com

Ngantuk Saat Kerja Yuk Ikuti Kiatnya

Ngantuk Saat Kerja? Yuk Ikuti Kiatnya
Ilustrasi orang mengantuk(unsplash.com)

RASA kantuk sering terjadi kapan saja. Anda mungkin mengantuk saat bekerja, belajar atau saat melakukan kegiatan lain. Saat Anda merasa ngantuk, konsentrasi dapat terganggu. Beberapa faktor yang jadi pemicu datangnya kantuk yakni kurang tidur, stres dan depresi, dehidrasi, konsumsi kafein berlebih hingga jarang bergerak.

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam setiap harinya. Nah, berikut kiat yang bisa Anda aplikasikan untuk menghilangkan kantuk:

1. Konsumsi Minuman Berkafein

Kopi merupakan salah satu minuman berkafein yang dapat menghilangkan rasa ngantuk. Kafein adalah sebuah stimulan yang meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi kafein secara berlebihan. Anda dapat memilih pilihan lainnya selain kopi yaitu teh hitam atau teh hijau.

2. Tidur Siang

Power nap atau tidur siang singkat dapat menghilangkan kantuk di siang hari. Anda dapat tidur sejenak selama 15 atau 30 menit yang dapat memberikan energi untuk menjalani sisa hari Anda.

3. Berjalan-jalan sebentar

Pergi keluar ruangan dan berjalan-jalan sebentar dapat memperlancar  liran darah dan menghilangkan rasa kantuk. Jika situasi tidak memungkinkan untuk berjalan di luar ruangan, Anda dapat mondar-mandir di dalam ruangan atau pun menggoyang-goyangkan kaki saat duduk.

4. Stretching

Dengan melakukan stretching ringan seperti meregangkan lengan ke samping secara bergantian, atau menekuk leher ke samping dan memutarnya, bisa mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran dan tubuh tetap berenergi.

5. Mendengarkan musik dengan tempo cepat

Musik dengan tempo cepat dan ceria dapat menjadi alternatif lain untuk menghilangkan ngantuk. 

6. Mencuci muka dengan air dingin

Air dingin dapat memberikan kesegaran bagi Anda yang sedang merasa ngantuk.

7. Mengonsumsi camilan sehat

Camilan seperti kacang-kacangan, buah, yogurt, atau telur rebus akan membuat rasa ngantuk Anda hilang.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika merasa ngantuk saat bekerja. Semoga bermanfaat!(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat