visitaaponce.com

Mau Tingkatkan Konsentrasi Sarapan dengan Makanan Kaya Protein

Mau Tingkatkan Konsentrasi? Sarapan dengan Makanan Kaya Protein
Ilustrasi(Women's Health)

Sarapan kaya protein dapat menimbulkan rasa lebih kenyang dan meningkatkan konsentrasi. Itu terungkap dari hasil penelitian di Denmark yang dipublikasikan di Journal of Dairy Science.

Para peneliti dalam studi tersebut mencatat orang-orang yang mengikuti diet tinggi protein memiliki kinerja lebih baik dalam tes konsentrasi kognitif. Kemampuan mereka lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang sarapan rendah protein tinggi karbohidrat atau yang melewatkan sarapan.

"Kami menemukan bahwa sarapan kaya protein dengan produk susu dan sejenisnya bisa meningkatkan rasa kenyang dan konsentrasi pada peserta, namun tidak mengurangi asupan energi secara keseluruhan dibandingkan dengan melewatkan sarapan atau mengonsumsi sarapan kaya karbohidrat," kata Mette Hansen, salah satu penulis hasil penelitian tersebut.

Baca juga : Hasil Studi: Diet Mediterania, Pescatarian dan Vegetarian Paling Sehatkan Jantung

Temuan itu diperoleh setelah menganalisis 30 perempuan berusia 18 sampai 30 tahun selama tiga hari. Selama periode itu, para peserta penelitian mengonsumsi sarapan tinggi protein, sarapan rendah protein, atau melewatkan sarapan.

Para peneliti mengukur tingkat kekenyangan dan asupan energi peserta pada waktu makan siang. Peserta juga diminta menyelesaikan tes kognitif sebelum makan siang. Selain itu, pengukuran total asupan energi hari itu diukur pula.

Sebagaimana diketahui, protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan penambahan berat badan. Asam amino penyusun protein membantu membangun dan memperbaiki otot dan tulang, menghasilkan hormon dan enzim, dan bahkan menyediakan energi saat dibutuhkan.

Baca juga : Daya Konsentrasi Mengemudi Naik bila Terkena Ion Plasmacluster

Protein bisa diperoleh dari bahan makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

"Sarapan berbahan dasar susu, tinggi protein, dan rendah karbohidrat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang tanpa mempengaruhi total asupan energi harian," tulis laporan yang diterbitkan di Journal of Dairy Science. (Ant/Z-11)

Baca juga : Menu Sarapan Anak Indonesia Ternyata Minim Asupan Omega 3 dan 6

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat