visitaaponce.com

Bingung Cari Sarapan Pagi untuk Penderita Ginjal Berikut 6 Ide Sarapan Pagi Ramah Ginjal

Bingung Cari Sarapan Pagi untuk Penderita Ginjal? Berikut 6 Ide Sarapan Pagi Ramah Ginjal
ilustrasi(freepik)

BAGI sebagian besar dari kita, biasa memulai hari yang baik dengan sarapan yang lezat, berkelanjutan, dan mengenyangkan. Namun mungkin sulit untuk mendapatkan inspirasi dari pagi ke pagi, terutama ketika Anda membuat pilihan yang ramah ginjal.
 
Penderita penyakit ginjal, khususnya penyakit ginjal kronis (CKD), sebaiknya memperhatikan pilihan sarapannya. Banyak ide sarapan pagi yang ramah ginjal. Secara umum, makanan rendah natrium, kalium, dan fosfor baik bagi penderita CKD.
 
Berikut ini adalah ide sarapan pagi ramah ginjal:

1. Buah

Ide memulai sarapan dengan buah tetap penting. Memilih buah-buahan rendah kalium seperti apel, pir, blueberry, semangka, dan jeruk clementine merupakan ide sarapan ramah ginjal bagi penderita penyakit ginjal.

Baca juga : Super Bubur dari Mayora Raih Penghargaan dari Perhimpunan Pakar Gizi

2. Overnight Oat

Oatmeal merupakan gandum utuh yang juga mengandung sedikit oksalat. Oatmeal biasanya direndam dalam cairan seperti susu atau yogurt selama semalam dan disimpan di dalam kulkas.

Overnight oat tidak hanya lezat dan mengenyangkan, tetapi juga membantu menstabilkan kadar gula darah, meredakan sembelit, dan menjaga keseimbangan hormon.

Baca juga : Ingin Halau Lemak Perut? Ini yang Harus Anda Konsumsi Saat Sarapan

3. Salad dengan sayuran hijau

Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kubis, rumput laut, dan peterseli, mengandung banyak nutrisi yang berdampak positif bagi kesehatan ginjal. Misalnya saja sayuran ini mengandung vitamin C, asam folat, serat, vitamin K, dan nutrisi lain yang dapat mengurangi tekanan pada ginjal.

Sayuran hijau ini juga bisa Anda sajikan dalam bentuk salad segar dan  ditambahkan dengan potongan paprika, yang juga baik untuk kinerja ginjal.

Baca juga : Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan

4. Telur 

Penderita penyakit ginjal boleh mengonsumsi telur untuk ide sarapan pagi. Pasalnya, ini merupakan sumber protein ramah ginjal berkualitas tinggi. Telur dapat dimakan dengan berbagai cara, termasuk telur dadar, telur diorak arik, telur rebus, atau telur yang ditambahkan ke dalam sandwich dan salad.
 
5. Dada Ayam Tanpa Lemak
 
Ide sarapan ramah ginjal selanjutnya adalah dada ayam, tanpa lemak dan kulitnya. Dada ayam sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan protein dan menjaga kesehatan tubuh. Namun hindari mengolah dada ayam dengan cara digoreng atau dipanggang, karena dapat meningkatkan kadar fosfor dan natrium.

6. Salmon dan Tuna   

Salmon dan tuna merupakan salah satu pilihan sarapan yang direkomendasikan bagi penderita penyakit ginjal karena kaya akan asam lemak omega-3 serta rendah kalium, fosfor, dan natrium sehingga berdampak positif pada fungsi ginjal.
Selain itu, asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol normal dan tekanan darah pada individu yang terkena dampak. Namun, sebaiknya batasi asupan ikan maksimal dua hingga tiga kali seminggu. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat