visitaaponce.com

Pengertian Hukum Bacaan Iqlab serta Contohnya

Pengertian Hukum Bacaan Iqlab serta Contohnya
Iqlab.(DOK Youtube Ngajibareng04.)

IQLAB (إقلاب‎) merupakan salah satu bagian dari hukum nun mati dan tanwin. Dalam Bahasa Indonesia, iqlab berarti mengganti. Menurut ilmu tajwid iqlab berarti mengganti bunyi bacaan nun mati ataupun tanwin menjadi mim, jika huruf setelah merupakan huruf ba. 

Iqlab adalah salah satu hukum bacaan tajwid yang digunakan oleh umat Islam ketika membaca Al-Quran. Bagi umat Islam, membaca Al-Quran sesuai dengan tajwidnya ialah kewajiban karena mengetahui ilmu tajwid dapat menyempurnakan bacaan Al-Quran.

Secara terminologi, iqlab dapat diartikan sebagai salah satu hukum bacaan yang diucapkan dengan cara mengganti bunyi huruf nun sukun atau tanwin dengan bunyi huruf mim sukun dan kemudian disertai dengan dengung dan tersembunyi.

Hukum nun sukun dan tanwin bertemu dengan huruf ba'

Hukum dari bacaan iqlab terjadi jika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba' (ب). Cara membaca iqlab yakni menyuarakan nun sukun atau tanwin dengan huruf ba' (ب). Ciri-ciri dari iqlab dapat dilihat dalam Al-Quran yaitu ditandai dengan huruf kecil berbentuk mim kecil (م) yang ada di antara dua huruf mim (م) serta huruf ba' (ب).

Cara membaca iqlab

Cara membaca iqlab adalah dengan menukar bunyi dari huruf nun sukun atau tanwin menjadi bunyi huruf mim mati dan disertai dengan bunyi dengung. Caranya ialah dengan bibir atas serta bibir bawah ada pada posisi tertutup serta diiringi pula dengan suara dengung selama kurang lebih 2 harakat atau sepanjang satu alif.

Contoh bacaan iqlab

1. QS Al-Baqarah ayat 18.

صُمٌّۢ بُكْمٌ
 
Terdapat tanwin bertemu dengan huruf ba' sehingga penggalan lafaz dibaca menjadi shummum bukmun.

2. QS Al-Humazah ayat 4.

-كَلَّا‌ لَيُنۡۢبَذَنَّ فِى الۡحُطَمَة

Terdapat nun sukun bertemu dengan huruf ba, sehingga potongan lafaz tersebut dibaca menjadi kalla layum ba dzanna fil hutamah.

3. QS Al-Baqarah ayat 68.

عَوَانٌۢ بَيْنَ ذٰلِكَ ۗ فَافْعَلُوْا مَا تُؤْمَرُوْنَ

Pada ayat tersebut ada hukum iqlab yang terjadi karena ada dhommahtain yang bertemu dengan huruf hijaiyah ba' pada lafal عَوَانٌۢ بَيْنَ.

4. QS Luqman ayat 28.

مَّا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ إِلَّا كَنَفْسٍ وَٰحِدَةٍ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Pada potongan surat tersebut terdapat hukum iqlab pada lafal samī'um baṣīr. Ayat di atas dibaca menjadi Mā khalqukum wa lā ba'ṡukum illā kanafsiw wāḥidah, innallāha samī'um baṣīr.

5. QS Al-Lail ayat 8.

وَاَمَّا مَنۡۢ بَخِلَ وَاسۡتَغۡنٰىۙ

Terdapat nun sukun yang bertemu dengan ba' sehingga potongan ayat tersebut dibaca menjadi wa ammaa mam bakhila wastaghnaa. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat