visitaaponce.com

Paduan Suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta Raih Emas di Sochi

Paduan Suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta Raih Emas di Sochi
Universitas Atma Jaya Yogyakarta(PSM UAJY)

UNIT Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta meraih prestasi di ajang World Choir Games 2016 di Sochi, Rusia dengan meraih dua medali emas dan satu medali perak.

Tahap pertama kegiatan ini berlangsung pada 6-9 Juli lalu. Sedangkan Awarding Ceremonies atau pembagian penghargaan digelar pada Minggu (10/7) waktu setempat di Bolshoy Ice Dome.

World Choir Games (WCG) merupakan ajang bergengsi untuk kompetisi kelompok paduan suara di seluruh dunia, yang diselenggarakan Interkultur sejak 2000. Kompetisi dua tahunan ini terinspirasi oleh olimpiade olah raga kemudian dikembangkan sebagai kompetisi paduan suara. WCG 2016 diikuti oleh 283 tim dari 76 negara, salah satunya PSM UAJY.

“Dari Indonesia ada empat tim. Selain PSM UAJY dari Yogyakarta, ada dua dari Makasar dan satu dari Papua,” kata Manajer Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Andreas Nugraha dalam rilisnya, Senin (11/7).

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori besar yaitu Open Competition yang bisa diikuti oleh siapa saja yang lolos seleksi dari panitia dan Championship Competition khusus untuk kelompok paduan suara yang sudah menjuarai kompetisi internasional.

“PSM UAJY mendapat undangan untuk mengikuti Championship Competition karena telah menjadi pemenang dengan nilai tertinggi dan meraih dua medali emas di ajang The 2nd Vietnam International Choir Competition tahun 2012,” katanya.

Sementara Alfredo Wujon, Ketua UKM PSM UAJY, mengaku sangat bangga dengan keberhasilan ini. Menurut dia, keikutsertaan PSM UAJY dalam WCG 2016 sudah diimpikan sejak lama terutama sejak mulai memenangkan kompetisi internasional.

“Kami sangat bangga karena dalam partisipasi pertama ini, kami telah meraih dua medali emas dan satu perak dalam tiga kategori yakni Mixed Youth Choirs dan Scenic Folkore Choirs, serta Scenic Pop/Show Choirs,” kata Alfredo.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UAJY, R Sigit Widiarto, S.H., LLM, menambahkan yang lebih membanggakan lagi, PSM UAJY yang dalam kategori Scenic Folklore Choirs membawakan dua lagu Dayak, Kalimantan dengan memakai kostum Dayak dan alat musik tradisional, sape dan jimbe. “Nama Indonesia, budaya dan lagu daerah di Indonesia semakin dikenal,” ujarnya. (OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat