visitaaponce.com

Tingkatkan Kemampuan Siswa, Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 Batch 2 Dibuka

Tingkatkan Kemampuan Siswa, Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 Batch 2 Dibuka
Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 untuk Batch 2.(MI/HO)

BADAN Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) dukungan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) DKI Jakarta kembali membuka pendaftaran Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 untuk Batch 2. Kompetisi yang mendorong peningkatan kemampuan siswa ini, dibuka pendaftaran Batch 2 sejak 6 Februari - 3 Maret 2023.

Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2023, Teguh Trianung Djoko Susanto menyatakan penguasaan literasi dan numerasi adalah 2 kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh generasi pelajar dan sebagai modal utama bagi kemajuan suatu bangsa. Selain itu juga sebagai indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu berkompetisi secara global.

"Kedua hal tersebut akan diujikan dalam kompetisi ini dan dilakukan dalam ajang Programme for International Student Assessment (PISA) untuk mengukur kompetensi siswa suatu negara," ujar Teguh dalam keterangannya, Sabtu (11/2).

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan kemampuan siswa perlu juga penguasaan materi yang kuat sejak dini dengan mengedepankan daya nalar berpikir kritis dan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. "Penyelenggaraan kompetisi ini selain membantu para peserta didik untuk lebih cepat menguasai kompetensi sekaligus sebagai alat ukur dan pemetaan kompetensi peserta didik di Indonesia," imbuhnya.

Sementara, Prof. Sofia Hartati selaku Ketua BPU UNJ menyampaikan bahwa UNJ memiliki komitmen yang besar untuk berkontribusi pada pengembangan kompetensi dan juga kemampuan para peserta didik di seluruh Indonesia dalam literasi dan numerasi. "Oleh karena itu, UNJ tidak akan pernah berhenti untuk terus bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan lomba Literasi dan Numerasi ini," kata dia.

Adapun Kepala Puspresnas Hendarman menyampaikan apresiasi kepada UNJ yang turut menjadi bagian dari suatu program besar Presiden yaitu Manajemen Talenta Nasional. Program itu merupakan upaya untuk mengumpulkan, mengindetifikasi dan juga membina talenta muda, anak-anak yang berasal dari berbagai bidang. Diantaranya ada 3 bidang yang menjadi fokus dari pemerintah pada saat ini yaitu riset inovasi, seni budaya literasi dan juga olahraga.

"Universitas Negeri Jakarta cepat tanggap dan responsif dalam membantu dan menjadi bagian juga dari Merdeka Belajar, karena kalau kita perhatikan dalam kurikulum Merdeka Belajar itu salah satunya menyangkut juga literasi dan numerasi serta karakter," terangnya.

Adapun, BPU UNJ melalui panitia kegiatan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam ini. Bagi sekolah di seluruh Indonesia yang ingin mendaftarkan siswanya pada kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Kompetisi ini dapat diikuti untuk jenjang SD/MI pada kelas 4 dan 5. Lalu jenjang SMP/MTs untuk kelas 7 dan 8. Kemudian untuk jenjang SMA/MA/SMK untuk kelas 10 dan 11.

Pada kompetisi ini, setiap peserta yang berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3, akan mendapatkan uang pembinaan, paket BDI di PE Store, e-sertifikat kompetisi, dan piala/medali. Bagi siswa di DKI Jakarta yang meraih juara pada kompetisi ini akan menjadi poin tambahan untuk Jalur Prestasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah DKI Jakarta.(OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat