visitaaponce.com

Efektif, ini Cara Menghafal dengan Cepat

Efektif, ini Cara Menghafal dengan Cepat
Ilustrasi.(DOK MI.)

BELUM terlalu tua, tetapi kesulitan menghafal bahkan sering lupa? Rasanya tidak menyenangkan jika ingin menyampaikan sesuatu dan tiba-tiba lupa. Padahal sudah menghafal dengan durasi waktu yang cukup lama.

Bagi pelajar, bisa menghafal dengan cepat dapat membantu mereka untuk memahami pelajaran secara optimal. Sedangkan bagi mereka yang sudah bekerja, kemampuan ini dapat memaksimalkan performa di kantor.

Buat Anda yang memiliki kesulitan dalam menghafal, kali ini artikel ini akan membahas tips dan cara menghafal dengan cara cepat berikut.

Metode tulis tangan

Cara menghafal dengan cepat yang pertama adalah metode tulis tangan. Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebutkan kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berujar, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan mampu mengingat pelajaran lebih lama dibanding mereka yang tidak. Sebab, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan.

Metode mind map

Mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisasi secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan cara menghafal cepat ala mind map, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran.

Mind map dianggap sebagai salah satu sistem yang menggunakan prinsip manajemen otak untuk membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi. Pelajari metode ini melalui buku Mind Map Langkah Demi Langkah.

Karena kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat. Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari pelajaran.

Ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya dalam peta konsep sederhana. Berikut caranya.

a. Siapkan kertas yang untuk corat-coret. Utamakan kertas polos ya agar Anda bisa bebas berimajinasi. Kedua, tentu pensil atau spidol warna-warni agar tampilannya lebih menarik!

b. Setelah semua sudah siap, mulai mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Dari situ, baru mulai mengembangkan menjadi subtopik yang berkaitan disertai turunannya. Misalnya, kamu sedang belajar IPA, lalu topik utamanya adalah cara berkembang makhluk hidup. Ini berarti subtopiknya terbagi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, seterusnya.

c. Usahakan untuk menggunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik maupun turunannya ya, untuk memudahkanmu mengingat. Jika kamu menggunakan kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat Anda untuk menghafalnya bukan?

d. Tambahkan ilustrasi sederhana supaya mind map-mu lebih seru! Jangan lupa gunakan warna yang berbeda untuk setiap garis subtopik, agar lebih menarik secara visual. Semakin berkreasi, semakin menarik mind mapmu!

Metode jembatan keledai

Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar kala harus menghapal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih fun. Menurut Adolescent Literacy Organization, seiring dengan perkembangannya, jembatan keledai juga memanfaatkan gambar dan objek lain seperti tangan yang selanjutnya dikenal sebagai mnemonic visual.

Salah satu contoh penerapan metode ini adalah dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam frasa yang ingin dihafalkan. Kemudian bentuk kumpulan huruf pertama tadi menjadi kata atau kalimat baru.

Sebagai contoh adalah urutan warna pelangi, yakni mejikuhibiu yang memiliki kepanjangan merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu. Selain itu, penerapan teknik ini juga bisa dilihat pada saat kita berusaha menghafalkan tabel periodik.

Contoh lain, Anda hendak menghafal nama-nama bintang paling terang selain matahari, yakni Sirius, Canopus, Arcturus, Alpha Centauri A, dan Rigel. Agar lebih memudahkan Anda untuk mengingat, ambil huruf awal dari nama-nama tersebut untuk dijadikan kata-kata baru yang lebih familiar, misalnya Sarah cinta Angga apapun rintangannya.

Buat poin penting

Cara menghafal dengan cepat yang termudah ialah catat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi yang dirasa penting. Anda  bisa mencatatnya pada secarik kertas maupun di aplikasi notes pada smartphone, tablet, dan sebagainya.

Namun seperti metode nomor satu, peneliti dari Washington University, AS, mengungkapkan orang-orang yang mencatat dengan menulis tangan memiliki daya ingat lebih baik. Nah, jika Anda mencatat pada secarik kertas atau buku catatan, tulis dengan spidol berwarna dan bedakan warna untuk setiap kata kunci maupun poin-poin penting agar lebih mudah untuk dihafalkan dan disimpan dalam memori otak.

Dengan bantuan spidol warna dan pensil warna, kamu bisa membuat catatanmu lebih menarik dan colorful. Dengan begitu, membaca catatan tidak akan terasa membosankan.

Jadikan lagu

Menghafal pelajaran butuh waktu berhari-hari. Sedangkan menghafalkan lirik lagu terbaru tidak sampai sehari pun sudah hafal. Rupanya otak kita memang mudah menghafal musik. Nah, coba membuat lagu dari materi pelajaranmu. 

Anda bisa mengganti lirik lagi kesukaanmu menjadi nama-nama negara di dunia beserta ibu kotanya. Atau Anda bisa membuat nada lagi sendiri. Metode menyanyikannya bersama teman-teman saat sedang gabut-gabutan santai. Pastinya menggunakan lagu sebagai cara menghafal dengan cepat akan mempermudah Anda.

Rekam

Cara belajar orang berbeda-beda. Cara yang keenam ini adalah dengan merekam suara gurumu ketika beliau sedang menjelaskan. Lalu rekaman itu dapat Anda dengarkan berulang-ulang.

Cara lainnya adalah merekam suaramu sendiri. Anda bisa memakai bahasa yang mudah dimengerti saat merekam suatu materi. Selain memudahkan Anda untuk belajar, bisa melatih kemampuan berbicaramu. 

Visualisasi

Cara yang ketujuh adalah dengan visualisasi. Faktanya, otak lebih cepat untuk mengingat atau menghafal sesuatu yang berwujud visual. Nah, Anda bisa menerapkan cara melihat gambar sebagai visualisasi. 

Contohnya, Anda hendak menghafal seri-seri mobil dari suatu brand otomatif. Yang perlu Anda lakukan adalah gambar mobil-mobil tersebut. Lakukan cara ini sesering mungkin dan di tempat yang selalu Anda lihat.

Buat cerita 

Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Misalnya, jika perlu menghafal rumus kimia yang rumit, kita bisa mengubah nama molekul dengan nama manusia yang diawali dengan huruf yang sama (Carol = Klorin, misalnya) dan membuat cerita kecil yakni rumus tersebut menjadi karakter molekul dalam formula yang memiliki sifat-sifat sama dengan manusia.

Ini bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk pembelajaran dengan informasi yang rumit. Misalnya, Glukosa itu tipenya manis, periang, dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup.

Belajar kelompok

Belajar dengan teman nyatanya dapat membuatmu lebih mengerti dan mengingat pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Suasana yang menyenangkan bersama teman-teman menjadi alasan cara menghafal dengan cepat yang satu ini dinilai ampuh. 

Dengan teman, Anda juga akan menemukan metode belajar yang pas dan fun. Selain itu, jika tidak bisa mengerti, minta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menjelaskannya. 

Kuis tanya jawab

Anda bisa meminta ibu, ayah, kakak, atau adikmu untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari isi pelajaran yang sudah Anda catat di buku. Cara ini memang tampak seperti kegiatan menjawab soal-soal latihan, tetapi dikemas dengan cara yang lebih menarik. 

Dengan cara ini, Anda bisa  mengingat jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan orang-orang di sekitarmu tersebut dengan mudah. Siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian.

Makan makanan bergizi

Kemampuan menghafal dengan cepat berkaitan dengan kesehatan otak. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki kemampuan tersebut, mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi dan vitamin, khususnya untuk otak, adalah jawaban dari semua ini.

Buah dan sayur-sayuran seharusnya menjadi menu wajib bagi Anda setiap hari. Ini mengingat keduanya adalah sumber nutrisi dan vitamin terbaik yang berguna untuk memaksimalkan semua fungsi organ tubuh, tak terkecuali otak.

Istirahat cukup

Terakhir, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Otak juga perlu diistirahatkan agar fungsinya tetap optimal. Setelah selesai melakukan cara cepat menghafal di atas, istirahatlah barang sejenak. Pun demikian dengan tidur malam. Pastikan Anda tidur tidak terlalu malam dan bangun tidak terlalu siang.

Istirahat yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan otak, pun mengusir rasa lelah dan juga stres. Keduanya menjadi salah satu pemicu otak tidak mampu menghafal sesuatu dengan cepat.

Itu dia informasi mengenai cara mudah menghafal yang bisa Anda terapkan guna memaksimalkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat