visitaaponce.com

Pengertian Epistemologi dan Contohnya

Pengertian Epistemologi dan Contohnya
Ilustrasi(medcom.id)

EPISTEMOLOGI adalah cabang ilmu filsafat tentang dasar-dasar dan batas-batas pengetahuan. Epistemologi juga merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan menjadi pencetus kepada ilmu-ilmu lain di bidangnya.

Pengertian Epistemologi Menurut Para Ahli

  • Jujun S. Sumantri

Jujun S. Sumantri mengungkapkan pendapatnya bahwa arti dari epistemologi merupakan cara berpikir manusia dalam menentukan dan juga mendapatkan ilmu dengan menggunakan berbagai kemampuan yang tertanam di dalam diri seseorang, misalnya kemampuan indera, intuisi, dan juga rasio.

  • Anton Bakker

Anton Bakker mengungkapkan epistemologi merupakan cabang filsafat yang berurusan mengenai ruang lingkup serta hakikat pengetahuan. 

  • Abdul Munir Mulkhan

Menurut Abdul Munir Mulkhan, epistemologi merupakan segala macam bentuk aktivitas dan pemikiran manusia yang selalu mempertanyakan dari mana asal muasal ilmu pengetahuan itu diperoleh. 

  • Achmad Charris Zubair

Achmad Charris Zubair berpendapat epistemologi merupakan suatu ilmu yang secara khusus mempelajari dan mempersoalkan secara dalam mengenai apa itu pengetahuan, dari mana pengetahuan itu diperoleh serta bagaimana cara memperolehnya.

  • Dagobert D. Runes

Dagobert D. Runes berpendapat epistemologi menjadi salah satu cabang ilmu filsafat yang mengkaji mengenai sumber pengetahuan, struktur sosial pengetahuan, dan berbagai metode serta validasi pengetahuan lainnya.

Contoh Epistemologi

Mengenai pembahasan rumah atau bangunan tempat tinggal, pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sesuatu tersebut disebut sebagai rumah. Apa saja yang kita lihat sehingga kita mengetahui benda yang sedang kita lihat adalah benar-benar rumah. Kita akan melihatnya melalui panca indera. Kemudian, hasil dari penglihatan akan dikirim oleh saraf ke otak. Dalam otak, penglihatan tadi akan dianalisis lebih lanjut tentang semua yang dilihat agar dapat diketahui apakah itu rumah atau bukan.

Alasan Epistemologi Harus Dipelajari

1.    Pertimbangan strategis

Epistemologi ini perlu dipelajari karena merupakan pengetahuan yang dalam hal secara strategis penting bagi hidup manusia. Strategi berkenaan dengan bagaimana mengelola kekuasaan atau daya kekuatan yang ada sehingga tujuan dapat tercapai. Pengetahuan pada dasarnya adalah suatu kekuasaan atau daya kekuatan menurut Francis Bacon (1561-1626).

2.    Pertimbangan kebudayaan

Menggunakan pertimbangan kebudayaan, epistemologi ini menjadi penjelasan yang pokok pada kenyataan pengetahuan merupakan salah satu unsur dasar kebudayaan. Memang kebudayaan mempunyai unsur-unsur penting lain seperti sistem kemasyarakatan, sistem religi, sistem bahasa, sistem seni, sistem ekonomi, sistem teknologi, sistem simbol serta pemaknaannya, dan sebagainya.

3.    Pertimbangan Pendidikan

Pendidikan sebagai usaha sadar untuk membantu peserta didik mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup, tidak dapat lepas dari penguasaan pengetahuan.

Dari pengertian tersebut, secara praktis dipahami epistemologi ini pada dasarnya sangat berguna untuk dipelajari dan bahkan mutlak perlu karena suatu pikiran yang telah mencapai tingkat refleksi tidak dapat dipuaskan dengan kembali ke berbagai jaminan akan anggapan umum, tetapi justru semakin mendesak maju ke tingkatan yang baru.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat