visitaaponce.com

Pemerintah Bentuk Tim Kembangkan Potensi Diaspora

Pemerintah Bentuk Tim Kembangkan Potensi Diaspora
Ilustrasi.(Freepik)

PEMERINTAH akan mengkaji secara rinci dan komprehensif untuk mengembangkan potensi diaspora Indonesia. Potensi peran diaspora telah menjadi perhatian serius pemerintah. 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan diaspora yang tersebar di berbagai negara berpeluang memajukan Indonesia di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.

"Potensi peran diaspora menjadi perhatian serius pemerintah dalam upaya fasilitasi dan pengembangan potensi diaspora Indonesia dengan memanfaatkan diaspora bertalenta tinggi Indonesia yang saat ini bekerja di luar negeri," jelasnya, Kamis (13/6).

Baca juga : Hadi Tjahjanto Ditunjuk Jokowi sebagai Ketua Satgas Penindakan Judi Online

Berdasarkan data pemerintah, banyak warga negara kita yang bekerja di luar negeri pada profesi dengan keahlian tinggi di berbagai bidang, antara lain pertambangan dan minyak, hukum, industri pengolahan, penerbangan, pendidikan, teknologi informasi, industri mode dan seni budaya.

"Hingga saat ini masih terdapat berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh diaspora, baik secara teknis, dari sisi regulasi, maupun hal-hal yang bersifat administratif dengan tetap bertumpu pada aspek kepentingan nasional,” ungkapnya.

Menyadari pentingnya peran diaspora tersebut, Presiden Joko Widodo telah menyelenggarakan rapat internal dengan menteri dan pimpinan lembaga. Presiden, sambung Hadi, memberikan arahan yakni Indonesia tetap menganut sistem kewarganegaraan tunggal dengan melihat komparasi model OCI (Overseas Citizenship of India).

"Oleh karenanya dilakukan kajian secara mendetail dan komprehensif baik dari segi keuntungan investasi maupun ekonomi, khususnya diaspora bertalenta tinggi. Selain itu, yang menjadi catatan beliau juga agar kajian tersebut dilakukan konsultasi publik seperti yang kita laksanakan pada hari ini," terangnya.

Diharapkan tim kajian tersebut dapat memberikan rekomendasi yang bersifat strategis, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang yang menguntungkan pembangunan Indonesia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat