visitaaponce.com

8 Cara Mengatasi Rambut Rontok

8 Cara Mengatasi Rambut Rontok
Model memerankan ilustrasi rambut rontok, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Diperankan oleh Syifa Junita.(MI/Panca Syurkani.)

RAMBUT rontok dan ketombe memiliki pengaruh sangat kuat satu sama lain. Umumnya, seseorang yang mengalami rambut rontok bisa dipastikan bahwa mereka juga memiliki masalah ketombe di kulit kepala.

Oleh karena itu, cara merawat rambut rontok dan kering secara alami yang dapat kamu lakukan yaitu menghilangkan pemicu munculnya ketombe di kulit kepala. Bagaimana caranya?

Membilas rambut hingga bersih setelah keramas

Setelah menggunakan sampo antiketombe, pastikan juga untuk membilasnya hingga bersih setelah keramas. Tujuannya agar tidak ada sisa sampo yang menempel di kulit kepala dan memicu ketombe.

Baca juga: Model Rambut Pendek Wanita 2023

Terapi pijat kepala

Perawatan sederhana lain yang bisa dilakukan di rumah yaitu mengaplikasikan hair tonic untuk rambut rontok. Hair tonic merupakan produk perawatan rambut yang umumnya mengandung minyak alami dan vitamin lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Fungsi utamanya ialah memperkuat akar rambut.

Kamu bisa menggunakan produk yang satu ini setelah keramas saat rambut masih dalam kondisi setengah basah. Produk ini cukup diaplikasikan pada kulit kepala, karena formulanya akan diserap langsung oleh kulit kepala untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

Perawatan dengan minyak alami

Berbagai macam minyak alami juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan rambut rontok parah yang dialami. Ada beberapa jenis minyak alami yang memberikan manfaat untuk menguatkan rambut. Misalnya saja tea tree oil yang bekerja sebagai antibakteri dan antijamur untuk mengatasi infeksi yang dapat menyebabkan rambut rontok. Minyak ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih efektif.

Baca juga: Inspirasi Warna Rambut Ombre Pendek Sebahu 2023

Selain itu, macadamia oil dapat menjadi pilihan minyak alami yang tepat, karena dapat bekerja menembus folikel untuk meningkatkan kekuatan rambut dari akar hingga ke batangnya. Alternatif lain yaitu argan oil yang dikenal memiliki manfaat untuk memperbaiki struktur rambut agar halus, kuat, dan tidak mudah rontok.

Untuk melakukan perawatan dengan minyak alami, kamu bisa memanfaatkan hot oil treatment. Caranya mudah, panaskan minyak dalam microwave lalu aplikasikan pada akar rambut sambil melakukan pijat relaksasi. Diamkan selama 10 menit lalu keramas hingga bersih.

Minimalisasi penggunaan alat penataan rambut bersuhu panas 

Coba perhatikan lagi kebiasaanmu dalam melakukan penataan rambut. Apakah sering menggunakan alat penataan rambut yang memiliki suhu panas? Jika iya, tandanya kamu perlu meminimalisasi hal yang satu ini.

Suhu panas pada alat penataan rambut seperti hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut dapat merusak lapisan pelindung rambut, membuatnya jadi kering dan rapuh. Rambut yang telah kehilangan kekuatan alaminya inilah yang kemudian jadi mudah rontok dan patah.

Hindari mandi air panas

Terlalu lama mandi dengan air panas bisa menyebabkan rambut kering. Hal tersebut juga bisa menghilangkan minyak alami dari kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut kering dan mudah patah.

Karenanya, mandilah dengan air hangat (suam-suam kuku) saja. Cobalah juga membilas rambut dengan suhu paling dingin, agar tidak timbul kerontokan.

Jangan menyisir rambut basah

Untaian rambut lebih rapuh dan rentan pecah saat basah. Oleh karena itu, penting menggunakan sisir bergigi jarang atau membiarkannya mengering terlebih dahulu sebelum disisir. Tindakan ini juga termasuk cara mengatasi rambut rontok, lho.

Manajemen stres yang baik

Stres yang dialami juga bisa menjadi penyebab rambut rontok parah yang mungkin enggak akan kamu sangka. Ada beberapa jenis kebotakan yang bisa muncul saat stres, misalnya saja alopecia areata, yaitu jenis kebotakan akibat peradangan atau penyakit autoimun. Berawal dari stres yang mengganggu kekebalan tubuh, penyakit ini bisa menyerang dan menyebabkan kerontokan rambut.

Kondisi lain dikenal dengan nama telogen effluvium. Saat berada dalam kondisi ini, telogen effluvium akan menghambat pertumbuhan rambut baru. Jadi, rambut akan terus rontok tanpa ada helaian rambut baru yang tumbuh.

Inilah yang menjadi alasan pentingnya manajemen stres yang baik untuk mengatasi rambut rontok. Kamu bisa mencoba berbagai teknik relaksasi yang menenangkan pikiran, misalnya lewat meditasi atau berbagi cerita kepada orang terdekat lain.

Perhatikan asupan nutrisi tubuh

Langkah mudah lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok yaitu memperhatikan asupan nutrisi tubuh. Rambut juga memerlukan asupan gizi yang tepat agar tumbuh sehat dan kuat.

Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin D sangat baik untuk menutrisi rambut, karena menjadi sumber protein yang dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi tuna, ikan kembung, atau salmon.

Selain itu, konsumsi telur juga dapat memberikan nutrisi yang disukai rambut. Telur mengandung protein dan biotin yang dapat menguatkan akar rambut dan menunjang pertumbuhannya yang lebih sehat.

Nah, itu dia cara untuk mengatasi rambut rontok. Kunci dari mengatasi kerontokan ini yaitu disiplin menerapkan berbagai kebiasaan yang baik untuk rambut dan memperhatikan asupan nutrisi yang diperlukan untuk membuat rambut tumbuh sehat dan kuat. Selamat mencoba! (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat