visitaaponce.com

Bukan Sekadar Masalah Penampilan, Obesitas Perlu Terapi Komprehensif

Bukan Sekadar Masalah Penampilan, Obesitas Perlu Terapi Komprehensif
RS Premier Bintaro (RSPB) menggelar seminar kesehatan dengan tema “Obesitas: Permasalahan dan Penanggulangan”.(Ist)

DALAM rangka memperingati Hari Obesitas Sedunia, RS Premier Bintaro (RSPB) menggelar seminar kesehatan dengan tema “Obesitas: Permasalahan dan Penanggulangan”.

Seminar yang dilaksanakan di Gedung Annex, RSPB, abru-baru ini dihadiri 80 peserta dari berbagai komunitas di wilayah Tangerang Selatan.

Munurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidak seimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama.

28,7% Orang Dewasa Alami Obesitas

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di Indonesia, 13,5% orang dewasa usia 18 tahun keatas mengalami kelebihan berat badan dan 28,7% mengalami obesitas.

Baca juga: 40 Persen Warga Jakarta Obesitas

Sementara, pada anak usia 5-12 tahun, sebanyak 18,8% kelebihan berat badan dan 10,8% mengalami obesitas. Obesitas saat ini telah digolongkan sebagai penyakit yang perlu diintervensi secara komprehensif.

Bertemakan "Changing Perspectives: Let's Talk About Obesity" dan tema nasional yakni “Kenali, cegah dan Atasi Obesitas untuk Hidup Lebih Sehat dan Produktif” kampanye ini menyoroti tentang tiga pilar utama.

Tiga pilar tersebut adalah mendorong percakapan, menjadikan obesitas sebagai upaya kolektif dan mengambil Tindakan nasional.

Untuk mendukung program yang digalakan oleh pemerintah maka RSPB melakukan serangkaian kegiatan mulai dari senam bersama, seminar kesehatan dengan narasumber dari berbagai spesialisasi.

Baca juga: Ini Contoh Menu Makanan Harian untuk Cegah Obesitas

Narasumber dr. A.B. Wardoyo, Sp.PD yang membahas mengenai Kegemukan dan Penanggulangannya, dr, Hario Tilarso, Sp.KO yang memberikan informasi tentang latihan olahraga yang tepat untuk orang dengan obesitas.

Sementara itu, dr. Diah Prasmapti, Sp.GK yang membahas tentang tips diet untuk mengurangi berat badan.

Baca juga: Langkah Awal Tangani Obesitas Anak, Mengubah Pola Makan

Dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MHKes, CEO RS Premier Bintaro mengatakan,“Acara ini diselenggarakan dengan harapan RSPB dapat berkontribusi dalam menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan berat badan."

"Dengan memberikan pengetahuan, tata laksana pencegahan dan bagaimana langkah-langkah penanganan kelebihan berat badan yang dapat dikurangi sedikit- demi sedikit dengan cara yang tepat,” jelasnya.

Luruskan Kesalahpahaman Seputar Obesitas

Pesan yang ingin disampaikan dalam penyelenggaraan kampanye ini adalah agar masyarakat Indonesia dapat secara bersama-sama meluruskan kesalahpahaman seputar obesitas, mengetahui penyebabnya, meningkatkan pengetahuan tentang obesitas, mengatasi stigma berat badan.

Baca juga: Obesitas Merupakan Masalah Kompleks yang Perlu Dukungan Sosial

Dengan semua berbicara, berbagi dan berdiskusi diharapkan dapat merubah norma, pemahaman, pencegahan dan pengobatan obesitas bukan hanya di Indonesia tetapi juga diseluruh dunia. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat