visitaaponce.com

Diprediksi Ada Perbedaan Waktu 1 Syawal Lebaran, Wamenag Saling Menghormati

Diprediksi Ada Perbedaan Waktu 1 Syawal Lebaran, Wamenag: Saling Menghormati
Wamenag Zainut Tauhid(MI/Benny)

HARI RAYA Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H/2023 M diperkirakan berbeda antara Muhammadiyah dan pemerintah. Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi, mengimbau umat saling menghormati perbedaan.

"Kami mengjmbau kepada masyarakat dan umat Islam khususnya tetap saling menghormati menjaga kerukunan, persaudaraan dan saling memuliakan. Adanya perbedaan bukan sebagai faktor yang memecah belah persaudaraan sesama umat Islam dan sesama anak bangsa," kata Zainut Tauhid kepada wartawan di Jakarta, Rabu malam (12/4)

Seperti diketahui Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui .Majelis.Tarjikh telah menetapkan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Jumat tanggal 21 April 2023.

Baca juga : Isbat Awal Syawal Digelar 20 April 2023, Kemenag Pantau Hilal di 123 Titik

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama (.Kemenag) melalui Sidang Isbat 20 April memprediksi 1 Syawal 1444 H akan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.Pasalnya pada 21 April 2023, posisi hilal masih di bawah ufuk.

Kata Zainut ,Kemenag akan menggelar sidang isbat Kamis 20 April 2023." Dalam perhitungan, hilal nampak masih di bawah ufuk sehingga sangat mungkin terjadi perbedaan, " ungkap Zainut.

Baca juga : Tips Mengelola THR Agar Keuangan Tetap Sehat

Mantan Wakil Ketua.Umum MUI ini berharap pada malam Idul Fitri masyarakat.dan umat meng hindari kegiatan yang menjurus pada kegaduhan, kemacetan, tetap tertib melaksanakan takbir dengan khusyuk.

"Kami juga menghimbau umat Islam dapat menunaikan zakat fitrah dan .zakat.mal untuk membantu saudara.saudara kita yang duafa atau kekurangan".".harapnya

Dalam kesempatan itu, Zainut mengutarakan pemerintah sekarang memberikan kelonggaran yang cukup besar pada Lebaran tahun ini keleluasaan bagi masyarakat seperti.mudik lebaran. Diperkiraka. pemudik akan meningkat.memjadi 123 juta orang. sehingga pemerintah harus mlakukan persiapan aspek infrastruktur jalan, lkelaikan kendaraan, penyeberangan, pelabuhan disiapkan sedemikian rupa guna memberika kelancaran pemudik agar dimanfaatkan sebaik.baiknya.

" Mari kita ikuti pesan atau ketentuan yang telah dutetapkan pemerintah seperti pengaturan ganjil genap  ,tetap memperhatikan faktor kesehatan karena kita masih proses transisi dari pandedemi ke endemi, ".tukasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat