visitaaponce.com

Viral Salat Idul Fitri Ponpes Al-Zaytun, MUI Akan Bahas

Viral Salat Idul Fitri Ponpes Al-Zaytun, MUI Akan Bahas
Ilustrasi umat Islam melaksanakan Salat Id(AFP/JAM STA ROSA)

VIRAL, baru-baru ini ramai diperbincangkan mengenai kegiatan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al-Zaytun. Pesantren yang terletak di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat itu memperlihatkan jemaah Salat Idul Fitri yang dibuat berjarak dan seorang jemaah perempuan yang salat di posisi paling depan di antara jemaah laki-laki.

Menanggapi hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan melakukan rapat untuk membahas hal ini dalam waktu dekat.

"Baru akan dibicarakan dalam rapat hari Selasa besok (2 Mei 2023) oleh MUI," ungkap Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas kepada Media Indonesia, Rabu (26/4).

Baca juga: Lembaga Pemasyarakatan Lembata Gelar Salat Ied dan Umumkan Remisi

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa permasalahan ini memang kewenangannya ada di MUI sehingga pihaknya hanya akan menunggu keputusan MUI.

"Ya itu nanti wilayah kewenangannya lebih kepada MUI bukan kewenangan administrasi kepemerintahan, masalah fiqih ya wewenangnya," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Kang Emil Larang ASN Jabar Flexing di Dunia Maya

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut menambahkan, jika MUI telah memberikan rekomendasi tentang persoalan tersebut kepada Pemprov Jawa Barat maka pihaknya siap melakukan tindak lanjut terkait persoalan tersebut.

"Nanti kalau ada rekomendasi dari MUI bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus ada pola-pola, baru kami tindaklanjuti. Tapi per hari ini kami masih menunggu apa rekomendasi dari MUI. Ulangi saja kalimatnya, kami menunggu apakah Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu turun karena itu wilayah fiqih," tandasnya. (Des/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat