visitaaponce.com

Peserta UTBK SNBT Tahun 2023 di UnsoedMendekati 20 Ribu Orang

SEBANYAK 19.555 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK – SNBT) Tahun 2023 di Pusat UTBK-351, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto.

UTBK – SNBT Tahun 2023 dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu 8 – 14 Mei 2023 untuk Gelombang I, dan 22 - 28 Mei 2023 untuk Gelombang II. 

Pelaksanaan UTBK – SNBT 2023 ini terbagi menjadi 27 Sesi, dimana tiap sesi ujian diikuti oleh 730 peserta.

Baca juga: Putra Daerah Papua Raih Predikat Cumlaude Wisuda Ke-148 Unsoed

Unsoed telah mempersiapkan 8 server serta 17 ruangan yang berada di 7 (tujuh) lokasi ujian, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Gedung Integrated Academic Building, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Laboratorium Riset.  

Lima Peserta Penyandang Disabilitas

Khusus untuk penyelenggaraan UTBK – SNBT tahun ini terdapat lima orang peserta penyandang disabilitas.

Materi UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Baca juga: Mahasiswa FEB Unsoed Jawara Kontes Esai di Jepang

TPS akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Sedangkan kemampuan kuantitatif mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi tes Literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Baca juga: Hari Pertama UTBK-SNBT 2023, 3.854 Peserta Ikuti Tes di Kampus UI

Penalaran Matematika untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Baca juga: 803.853 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2023, Hari Pertama Lancar

Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr., IPU bersama para Wakil Rektor meninjau langsung pelaksanaan UTBK – SNBT 2023 pada hari pertama. 

Dalam pernyataannya, Prof.Akhmad mengatakan bahwa peninjauan tersebut untuk memastikan semua peserta terlayani dengan baik. 

Secara umum, UTBK – SNBT Tahun 2023 di Pusat UTBK-351 Universitas Jenderal Soedirman berjalan dengan lancar dan kondusif. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat